Ribuan Peserta Rebutkan 2.000 Kursi Mandiri

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Adjri Septiani dan Fauziah Mursid

Kampus UIN Jakarta, BERITA UIN Online – Hari ini, sekitar 9.000 calon mahasiswa baru UIN Jakarta mengikuti ujian masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. Mereka bersang untuk memperebutkan sekitar 2.000 kursi.

Seleksi dilaksanakan di 322 lokal yang tersebar di kampus 1 dan kampus 2 UIN Jakarta. Ujian dimulai pukul 08.30 hingga pukul 12.45 WIB, kecuali untuk paket B, C dan CB berakhir pada pukul 12.45 WIB. Ujian digelar selama dua hari hingga besok. Hari pertama materi yang diujikan adalah Tes Bakat Skolastik, Pengetahuan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Sementara besok materi yang diujikan adalah Matematika IPS, Matematika IPA, IPS Terpadu, dan IPA Terpadu.

Sejumlah peserta sempat mengalami keterlambatan. Hal itu disebabkan karena sebagian peserta belum mengetahui lokasi ujian. Untuk mengatasi hal itu panitia penyelenggara yang tersebar di beberapa titik lokasi ujian memberi petunjuk kepada peserta yang tidak mengetahui lokasinya.

Pada hari pertama ujian, sejumlah kursi di beberapa gedung tempat ujian terlihat kosong. Misalnya di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, gedung Aula Madya, dan di beberapa gedung fakultas. Meskipun demikian, pelaksanaan ujian pertama tersebut  relatif berjalan lancar.

Panitia penyelenggara menyediakan tiga posko yaitu posko 1 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, posko 2 di Fakultas Psikologi dan posko 3 di Pusat Komputer (Puskom).

Kepala Bagian Akademik Drs  Marzuki Mahmud MPd mengungkapkan, peserta SPMB Mandiri memperebutkan sedikitnya 2.000 dari total 5.000 kursi yang dialokasikan tahun ini untuk 53 program studi di 11 fakultas. “Sisa kursi sudah diisi dari beberapa jalur masuk lainnya, seperti PMDK, SNMPTN, UMB PTN, dan SPMB PTAIN,” jelasnya.

Menurut rencana, pengumuman SPMB Mandiri ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2011 dan daftar ulang dilaksanakan pada 9-22 Agustus 2011. Sedangkan perkuliahan dimulai pada 12 september 2011.