Ribuan Mahasiswa FITK Diterjunkan Ke Sekolah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

AUDITORIUM PROF DR HARUN NASUTION, BERITA UIN Online– Sebanyak 1200 mahasiswa semester akhir Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta mengikuti pembukaan sekaligus sosialisasi kegiatan Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) pada Kamis, (17/1/13) di Auditorium Prof Dr Harun Nasution.

“Kegiatan  ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir sebagai salah satu syarat penyusunan skripsi.” ujar Ahmad Royani MHum, Kepala Laboratorium FITK.

Di samping itu, lanjutnya, PPKT ini bertujuan untuk memberikan pemantapan keilmuan, penguatan keterampilan mengajar, pengembangan komunikasi, dan penerapan teknologi pendidikan kepada mahasiswa sesuai ilmu yang telah mereka pelajari selama duduk di bangku kuliah.

Para mahasiswa tersebut rencananya akan diterjunkan ke sekolah-sekolah yang sudah ada hubungan kerjasama dengan FITK UIN Jakarta di wilayah sekitar Jabodetabek. “Mereka akan disebar di berbagai sekolah, baik sekolah negeri, maupun swasta, termasuk sekolah-sekolah unggulan,” ujar calon doktor bidang Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang tersebut.

Sementara itu, Nurlena Rifa’i MA PhD, Pembantu Dekan Bidang Akademik FITK UIN Jakarta dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan PPKT tersebut sangat penting agar mahasiswa dapat meng-update knowledge dan memperkaya metodologi pembelajaran yang berkembang di sekolah-sekolah.

“Transfer knowledge tidak maksimal kalau hanya menguasai materi tapi tidak menguasai metode penyampaiannya terutama yang berkembang di masyarakat,” tegasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama empat bulan, dari Februari sampai Juni 2013 ini melibatkan puluhan dosen pembimbing dari FITK dan guru pamong dari perwakilan setiap sekolah. (M Furqon)