Buku berisi enam bab ini adalah refleksi kekhawatiran penulis dengan tidak adanya buku sejarah Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) yang utuh, karena hal ini dinilai sangat ironi dimana FAH memiliki prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Tarjamah.

Didorong dari keprihatinan di atas, serta dukungan dari sivitas akademika FAH, maka penulis merasa berkepentingan untuk menerbitkan buku tersebut dengan memfokuskan isi buku pada perubahan selama 60 tahun usia FAH dan membaginya ke dalam dua tahapan, yaitu tahapan tradisi dan transformasi.

Berbicara mengenai sejarah FAH, nampaknya buku yang ditulis oleh Prof Dr Sukron Kamil dan Setyadi Sulaiman MHum serta diterbitkan oleh AdabiA Press ini sangat refresentatif dan mampu memberikan informasi yang memuaskan, karena diperkaya oleh penelusuran dan beberapa dokumentasi sejarah FAH.

Buku yang tersusun rapi dalam enam bab ini, tiap bab membahas berisi tahapan-tahapan FAH dari masa ke masa, serta dilengkapi dengan profil beberapa alumni yang telah sukses pada masing-masing bidang yang ditekuninya.

Keenam bab tersebut diantaranya. Bab pertama, merupakan pendahuluan dari buku tersebut. Berisi tentang sesuatu hal yang melatarbelakangi penulis untuk menerbitkannya. (Halaman 1)

Pada Bab Kedua, membahas tentang “Fakultas Adab Tahapan Tradisi I: Sejarah Pendirian dan Perkembangan Awal. (Halaman 11-63)

Selanjutnya Bab Ketiga, berisi tentang “FAH Tahapan Tradisi II: Fakultas Adab dan Penguatan Modernisasi (1983-1998)”. Pada bab ini, penulis menyuguhkan tentang bagaimana FAH dalam Arus Modernisasi IAIN dengan segala perubahan yang ada. Dilengkapi pula dengan kiprah para alumni dalam transformasi tersebut. (Halaman 69-119)

Berikutnya, Bab Keempat pada buku tersebut, berisi tentang “Fakultas Adab Pada Era IAIN: With Wider Mandate (1998-2002)”. Pada bab ini, dikupas bagaimana FAH menyikapi dan beradaptasi pada perubahan-perubahan yang ada. Seperti pada bab sebelumnya, bab keempat ini pun dilengkapi dengan cuplikan profil dan kiprah beberapa alumni. (Halaman 125-173)

Dan pada Bab Kelima, buku tersebut menyajikan tentang “Fakultas Adab Periode UIN Hingga Kondisi Terkini: Penguatan Kapasitas Menuju World Class University”. Pada bab ini, pembaca akan mengetahui kondisi actual FAH dengan beberapa kemajuan sekaligus perubahan kurikulum pendidikannya, serta pengaruh FAH dan alumninya bagi bangsa Indonesia. (Halaman 179-241)

Sedang pada bab terakhir, berisi bibliografi, Indeks dan Biografi penulis buku ini. (Halaman 245-263).

Judul               : DARI TAHAPAN TRADISI KE TRANSFORMASI: Sejarah Fakultas Adab dan  

                         Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penulis            : Prof. Dr. Sukron Kamil

                          Setyadi Sulaiman, M.Hum

Penerbit          : AdabiA Press

ISBN              : 978-602-7908-11-6

Tahun             : Agustus 2017

Tebal              : 266 Halaman (lrf)

 

Share This