Liga Universitas Islam

Tiga delegasi Liga Universitas Islam yang diketuai Rektor UFI Syuriah Prof Dr Husamudin Farfur (mengenakan gamis hitam) berpose bersama Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA dan sejumlah pejabat UIN Jakarta usai pertemuan, Senin (15/08/16) di ruang rektor.

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Tiga delegasi Liga Universitas Islam Se-Dunia (League of Islamic Universities/Rabithah al-Jami’at al-Islamiyah) mengunjungi UIN Jakarta, Senin (15/8/16).

Delegasi yang beranggotakan Rektor Universitas Fath Islamy (UFI) Syuriah Prof Dr Husamudin Farfur, Guru Besar UFI Literatur Arab Prof Dr Abdulnabi dan Kepala Kerjasama UFI Dr Yaman Ismawi diterima Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA didampingi Warek Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA, Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah Dr Hamka Hasan dan beberapa Wakil Dekan di ruang rektor.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan rencana konferensi di Indoneisa yang kemungkinannya akan dikerjasamakan dengan UIN Jakarta. Akan dihadirkan pada acara tersebut Sekjen Robithoh bersama 11 Rektor dari beberapa negara, yaitu Universitas al-Azhar, Universitas Cairo, Libanon, Jordan, Maroko, Tunisia, Sudan, Saudi Arabia, Perancis, Belanda dan Malaysia.

Husamudin selaku ketua delegasi menyampaikan konferensi semula dijadwalkan pada awal Agustus 2016, namun diundur pada November 2016.

Selain itu, usai mendengar penjelasan Dede Rosyada tentang UIN Jakarta, Husamudin menyampaikan rencana penjajakan kerja sama antara UFI dengan UIN Jakarta.

“UFI dengan UIN Jakarta adalah sama-sama kampus Islam yang mengkaji ilmu-ilmu bidang Filsafat Islam, Pendidikan Islam, Syariah dan Dakwah. Dengan kerja sama ini semoga melahirkan muslim-muslim yang berkualitas dalam pemahaman dan pengamalan ajaran Islam yang benar,” ujar Penasehat Menteri Wakaf Syuriah tersebut.

Diuraikannya, kerja sama dimaksud termaktub dalam draft nota kesepahaman yang terdiri dari beberapa poin. Di antaranya, kedua belah pihak diharapkan dapat bekerjasama dalam program pertukaran mencakup pelajar, dosen senior, instruktur bahasa, peneliti dan pegawai, Sandwich Program untuk Program Strata Satu (S1) selama tiga tahun, program kegiatan bersama internasional penelitian dan seminar dan pertukaran informasi dan bahan-bahan yang menjadi kepentingan bersama.

Sebagai informasi, liga ini adalah sebuah lembaga internasional berkantor pusat di Kairo, Mesir yang menaungi perguruan tinggi Islam di beberapa negara Islam. Lembaga ini diketuai Prof Abdullah bin Abdul Muhsin at-Turki (juga sebagai Sekjen Muslim World League/Rabithah al-Alam al-Islami) dan Sekjen Prof Dr Ja’far Abdul Salam.

Lembaga ini pernah kerja sama dengan UIN Jakarta pada 2004 silam dalam pelaksanaan Konferensi Internasional tentang Epistemologi Ilmu Pengetahuan selama tiga hari di Hotel Syahid Jakarta. Dalam acara tersebut dihadirkan 30 narasumber dari 22 negara di Timur Tengah.

UIN Jakarta juga merupakan salah satu anggota dalam lembaga ini dari empat universitas di Indonesia. Saat itu, Prof Dr Amany Burhanuddin Lubis MA dan Dr Hamka Hasan MA sebagai pengurus Rabthah untuk perwakilan Asia Tenggara. (mf)

Share This