Hall SC, BERITA UIN Online Relawan Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Batuttah (KMPLHK RANITA) UIN Jakarta telah menjangkau tiga daerah terdampak bencana, yakni Bali, Pacitan, dan Yogyakarta. Para relawan sudah berbaur dan turut melakukan rehabilitasi korban dan lingkungan terdampak bencana.

Demikian reportase BERITA UIN Online atas tim relawan KMPPLHK RANITA UIN Jakarta, Rabu (6/11/2017). Mujahidin, salah satu relawan yang dikirimkan ke titik terdampak bencana di Provinsi Bali melaporkan jika dirinya telah tiba sejak akhir pekan lalu dan segera terlibat dalam proses rehabilitasi terdampak bencana.

Mahasiswa yang kerap dipanggil Lukindo ini mengaku bersyukur dirinya bisa segera tiba dan terlibat dalam proses rehabilitasi. “Sudah menjadi panggilan buat kami, anggota KMPLHK RANITA apabila ada bencana alam untuk ikut andil membatu dengan harapan bisa meringankan dan membantu  para korban yang terkena dampak ini,” ujar semester VII Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir ini.

Selain Mujahidin, RANITA UIN Jakarta mengirim lima relawan lain. Seluruhnya dibagi dalam tiga kelompok untuk tiga daerah terdampak bencana. Selain Mujahidin, RANITA juga mengirim Tika Nurlita ke titik terdampak bencana akibat erupsi Gunung Agung di Bali.

Kelompok kedua, Lana Faiza Hasan dan Mustazky Ishom dikirim menjadi relawan bagi terdampak bencana akibat banjir dan longsor di Yogyakarta. Sedang kelompok terakhir, Denny Setiawan dan Ummu Ruqyah dikirim ke titik terdampak bencana banjir dan longsor di Pacitan.

Selain pengiriman langsung relawan ke tempat bencana, KMPLHK Ranita juga membuka posko Bencana Alam mulai dari Kamis (30/11/2017) di halaman depan Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap korban. Posko Peduli Bencana dibuka RANITA UIN Jakarta sebagai pusat data dan informasi bencana sekaligus pusat penyerahan bantuan publik. Posko sendiri dibuka di Taman Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Bagi publik yang ingin berdonasi bagi warga terdampak bencana RANITA UIN Jakarta membuka dua rekening donasi. Donasi bisa dikirimkan melalui rekening BNI 4370-77818-8 a.n. Hesty Adreany dan rekening Bank MANDIRI 900-00-2165381-2 a.n. Moch. Ubaidi Abdillah. [] farah/zukhrotul uyun/ikhda/zm

Share This