Gedung Rektorat, Berita UIN Online— Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada MA menerima delegasi mahasiswa peserta Association for the Internasional Exchange of Student in Economics and Commerce (AIESEC). Selain menyampaikan selamat datang, dalam kesempatan yang sama Rektor juga menawarkan kesempatan bagi para peserta yang berminat untuk belajar tentang kebudayaan Indonesia di UIN Jakarta.

Penerimaan delegasi dilakukan Rektor di kantornya, Gedung Rektorat, Selasa (21/8/2018). Turut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Yusron Razak M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Arief Mufraini, dan Ketua Program Studi Manajemen Cut Erika Ananda Fatimah MBA.

Sementara itu, delegasi peserta AIESEC yang berkunjung berasal dari berbagai negara seperti Ceko, Belgia, Perancis, Vietnam, China, dan Malaysia. Mereka merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negara-negara tersebut dan terpilih mengikuti kegiatan AIESEC ke Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan selamat datang ke UIN Jakarta dan berharap para peserta bisa menikmati masa tinggalnya di Indonesia. Rektor juga berharap para peserta bisa belajar banyak hal tentang masyarakat dan kebudayaan di negara ini.

Selanjutnya, Rektor juga menawarkan peluang belajar lanjutan tentang Indonesia bagi para peserta melalui skema pertukaran mahasiswa. Selain pelatihan bahasa Indonesia, peluang itu bisa mereka manfaatkan untuk mempelajari masyarakat dan kebudayaan Nusantara dengan lebih baik.

“Syaratnya, universitas tempat Anda belajar mengajukan kerjasama pertukaran. Nanti UIN Jakarta siap memfasilitasi Anda untuk lebih mengenal Indonesia,” katanya.

Di tepi lain, Cut Erika yang juga Penasehat AIESEC wilayah Tangerang Selatan menjelaskan, para peserta AIESEC yang berkunjung sudah tinggal di Indonesia selama enam minggu terakhir. Selama itu, mereka melakukan sejumlah kegiatan berbasis pengenalan budaya masyarakat Indonesia.

“Selama itu, mereka juga tinggal di rumah-rumah penduduk sehingga bisa lebih mengenal Indonesia,” imbuhnya.

AIESEC Diusulkan Jadi UKM

Sementara itu, kordinator delegasi sekaligus AIESEC Local Committee President wilayah Tangerang Selatan Rohmatulloh Amirodtudin menyampaikan terimakasih atas penerimaan Rektor. Namun, ia juga berharap AIESEC tingkat lokal difasilitasi UIN Jakarta menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Mahasiswi Prodi Ilmu Keperawatan FIKES UIN Jakarta ini menjelaskan, penerimaan AIESEC sebagai UKM bisa menaungi minat mahasiswa untuk aktif dalam forum-forum kemahasiswaan tingkat internasional. Hal ini senada dengan program internasionalisasi mahasiswa UIN Jakarta melalui pertukaran mahasiswa (student exchange) yang telah berlangsung selama hampir lima tahun terakhir.

“Jika ini bisa diadopsi, Insya Allah banyak mahasiswa UIN Jakarta bisa difasilitasi untuk aktif dalam forum-forum global. Nama dan citra UIN Jakarta sebagai lembaga bernaung juga dengan sendirinya akan terangkat,” paparnya.

Vice President of Marketing AIESEC wilayah Tangerang Selatan Rizka Nafi’a menambahkan, tak kurang dari 25 perguruan tinggi nasional juga sudah mengadopsi AIESEC sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswanya. Namun, dari 25 perguruan tinggi seluruhnya bukan perguruan tinggi keagamaan Islam.

“Jika ini difasilitasi, UIN Jakarta bisa menjadi perguruan tinggi keagamaan Islam yang pertama. Itu yang kami harapkan,” tambahnya. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This