Rektor Prof Dr Dede Rosyada Buka OPAK 2016

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Rektor UIN Jakarta Prod Dr Dede Rosyada saat menjadi inspektur upacara pada pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) di Lapangan UIN Jakarta, Rabu (24/8).

Rektor UIN Jakarta Prod Dr Dede Rosyada saat menjadi inspektur upacara pada pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) di Lapangan UIN Jakarta, Rabu (24/8). Kegiatan OPAK diikuti oleh sedikitnya 6.000 mahasiswa baru program S1.

Lapangan UIN Jakarta, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada secara resmi membuka kegiatan Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) bagi mahasiswa baru di Lapangan UIN Jakarta, Rabu (24/8). Upacara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta secara simbolis. Turut hadir para wakil rektor, pimpinan fakultas, kepala biro, kepala unit lembaga, dan perwakilan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Acara pembukaan OPAK dimulai pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 10.00. Inti acara dimulai dengan pengibaran bendera UIN Jakarta oleh kelompok pasukan pengibar bendera (paskibra), dilanjutkan pembacaan teks Pancasila dan pembacaan Prasetya mahasiswa baru. Seusai upacara, acara kemudian diisi oleh penampilan Marching Band UIN Jakarta dengan menyajikan beberapa buah lagu.

Dalam pidato sambutannya, Rektor berharap mahasiswa baru dapat mengenal budaya akademik dengan baik, memahami kode etik mahasiswa, dan memiliki semangat belajar selama menempuh pendidikan di kampus.

“Kalian merupakan mahasiswa terbaik yang berhasil lolos masuk UIN Jakarta dari puluhan ribu calon mahasiswa lain. Karena itu manfaatkanlah waktu dan fasilitas belajar dengan sebaik-baiknya agar berhasil menyelesaikan studi tepat waktu,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa di antara mahasiswa baru tersebut, beberapa di antaranya terdapat mahasiswa non muslim yang ingin belajar Islam. Hal ini membuktikan bahwa UIN Jakarta merupakan jendela keunggulan Islam di Indonesia dan tempat pendidikan yang baik bagi anak bangsa. Selain itu, juga membuktikan bahwa UIN Jakarta sangat menekankan kehidupan kampus yang  toleran dan  demokratis.

Kegiatan OPAK diikuti oleh sekitar 6.000 mahasiswa baru yang berasal dari 11 fakultas dan 58 program studi. Selain mengenalkan budaya akademik di kampus, kegiatan OPAK juga diisi ceramah umum oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi serta penampilan dan pengenalan unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM). (ns)