Lapangan Student Center, BERITA UIN Online– Rektor Prof. Dr. Dede Rosyada MA berharap mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2016 bisa menjaga nama baik UIN Jakarta. Menjaga nama baik dilakukan dengan menjaga etika dan semangat pengabdian selama melaksanakan KKN di berbagai lokasi pengabdian.

Demikian disampaikan Rektor dalam pelepasan peserta KKN 2016 di Lapangan Student Center, Senin (25/07). “Mohon, kepada para peserta agar terus menjaga nama baik UIN Jakarta dengan terus menjaga etika selama mengabdikan diri di tempat KKN masing-masing dan jadikan ilmu yang telah dibekali oleh UIN Jakarta menjadi modal utama di tempat KKN,” paparnya.

Diketahui, Rektor melepas secara resmi peserta KKN regular tahun ini sebanyak 2.812 orang peserta. Ke-2.812 peserta ini dibagi ke dalam 250 kelompok yang disebar di 98 desa/kelurahan di tiga wilayah, kabupaten/kota. Di Kota Tangerang Selatan sebanyak 20 kelompok di 7 kelurahan/3 kecamatan, di Kabupaten Bogor 130 kelompok yang disebar di 49 desa pada 4 kecamatan, dan di Kabupaten Tangerang sebanyak 100 kelompok yang disebar di 42 desa pada 5 kecamatan.

Rektor menambahkan, kegiatan KKN merupakan program pengabdian yang ditujukan sebagai bekal bagi para mahasiswa. Kegiatan ini sesuai dengan amanat Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. “Maka dari itu KKN ini merupakan kegiatan yang menjungjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tandasnya.

Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Jaka Badranaya ME menambahkan, penempatan kelompok KKN tahun ini didasarkan tingkat kebutuhan masing-masing desa lokasi. Untuk itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, desa lokasi KKN bias ditempati 3-4 kelompok peserta KKN. “Agar pelaksanaan programnya dapat berjalan efektif,” jelas Jaka.

Terkait waktunya, jelas Jaka, KKN reguler akan berlangsung selama satu bulan dengan masa efektif 30 hari atau satu bulan yang dimulai pada 26 Juli hingga 26 Agustus 2016. Selama KKN berlangsung, para peserta dibimbing oleh sedikitnya 250 dosen dari sembilan fakultas. (syarifaeni fahdiah)

Share This