Rektor Minta Pejabat Baru Tingkatkan Layanan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat meminta kepada para pejabat baru yang dilantik agar bekerja secara profesional serta lebih meningkatkan pelayanan. Rektor juga meminta para pejabat dan pegawai UIN Jakarta bekerja karena panggilan jiwa, bukan karena uang yang bersifat sementara.

“Jika bekerja karena uang, uang akan cepat habis dan setelah itu setress. Tetapi jika karena panggilan dari dalam (jiwa), maka sampaikan kapan pun akan selalu siap melayani,” kata Rektor seusai melantik sejumlah pejabat eselon III dan IV di gedung Rektotat, Selasa (17/7).

Menurut Rektor, bekerja karena panggilan dari dalam (inner calling) akan melahirkan banyak produktivitas. Hal itu berbeda jika bekerja karena uang semata yang akan habis dalam sekejap. Dalam pengatamannya, saat ini masih banyak perilaku pekerja yang bekerja karena uang tadi. Padahal bekerja karena semangat pelayanan dan pengabdian jauh lebih memberikan nilai bagi kehidupan sebagai pegawai negeri.

“Coba lihat kaum ibu Dharma Wanita, mereka saya kira bekerja hanya dengan semangat melayani. Mereka bekerja tanpa SK dan tanpa syarat apa-apa demi membantu melayani suaminya masing-masing di kantor,” tamsil Rektor.

Di sisi lain Rektor juga menandaskan para pegawai UIN Jakarta agar tidak meninggalkan semangat belajar. Dengan kata lain bekerja harus diimbangi dengan belajar terhadap hal-hal baru yang berkembang di lingkungan tempat bekerja. Tanpa diimbangi dengan semangat belajar pegawai akan jauh tertinggal. Lalu setelah belajar barulah dipalikasikan di tempat bekerja masing-masing.

“Jadi prinsip bekerja itu memang harus ada upaya untuk memadukan antara profesi dan inner calling,” ungkapnya. (ns)