Rektor: Membangun Kampus Madani Butuh Tiga Komitmen

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Muhammad Nurdin

Lapangan FKIK, UIN Online - Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, untuk mewujudkan kampus madani dibutuhkan tiga komitmen, yaitu Knowledge, Piety, dan Integrity. Hal itu di ungkapkan Rektor saat membuka Program Pengenalan Studi dan Almamater atau Propesa di lapangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Sabtu (02/10).

Rektor mengatakan, Knowledge mengandung arti bahwa semua civitas akademika harus memiliki komitmen menciptakan sumber daya insani yang cerdas, kreatif, dan inovatif. Yang tercermin dari banyaknya ilmu pengetahuan yang dimiliki pada setiap individu. Sebab persaingan saat ini tidak hanya terjadi pada persaingan fisik, tetapi persaingan akan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen yang kuat pada setiap mahasiswa sebagai generasi muda.

Menurut Rektor, Piety mangandung pengertian bahwa kita harus memiliki komitmen mengembangkan inner quality dalam bentuk kesalehan. Sebab saat ini masih sangat sedikit mahasiswa yang mencerminkan jiwa kesalehan. “Oleh karena itu mahasiswa dan seluruh civitas akademik dituntut harus memiliki komitmen tersebut. Baik kesalehan yang bersifat individual yang tercermin dalam terma habl min Allah dan kesalehan sosial  yang tercermin dalam terma habl min al-nas,“ katanya.

Sedangkan Integrity mengandung pengertian bahwa sivitas akademika merupakan pribadi yang menjadikan nilai-nilai etis sebagai basis dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari.

“Cintailah bangsa ini dengan belajar, dan dengan mengukir prestasi sebanyak-banyaknya. Sebab jika kita tidak mencintai bangsa sendiri maka bangsa ini akan direbut oleh bangsa lain,“ tandasnya.

Propesa tahun ini diikuti sekitar 4.000 mahasiswa baru dan berlangsung selama dua hari (2-3 Oktober 2010). Turut hadir Pembantu Rektor  Bidang Akademik Dr Jamhari Makruf, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Ahmad Thib Raya, dan Pembantu Rektor  Bidang Pengembangan Lembaga Dr Sudarnoto Abdul Hakim.*