Rektor: Mahasiswa UIN Berprestasi di Ajang Nasional-Internasional

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online— Mahasiswa UIN Jakarta tidak hanya mengukir prestasi di ajang nasional, bahkan tidak sedikit mahasiswa yang meraih prestasi di ajang internasional. Hal ini disampaikan rektor saat mewisuda 1.157 orang pada acara Wisuda Sarjana ke-98 UIN Jakarta, Sabtu (28/11).

“Perkenankan kami berbagi kebahagiaan dan apresiasi kepada para orangtua, mahasiswa, adik dan rekan juga bagi 1.157 wisudawan-wisudawati, di luar kesibukan menuntut ilmu di bangku kuliah, mahasiswa menempa diri dan kreativitas non-akademis, sehingga tidak sedikit di antara mereka yang berhasil menorehkan deretan prestasi di berbagai kompetisi, baik nasional maupun regional-global,” papar rektor.

Berita UIN mencatat, mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional FISIP, Amelia Khairunnisa dan Badrut Tamam Achmad Mursyid (Mahasiswa Konsentrasi Syariah FDI), berhasil menjadi salah satu juara Musabaqoh Hifdh wa Fahm Alqur’an tingkat ASEAN yang diselenggarakan Perhimpunan Anggota MABIMS di Brunei Darussalam. Amelia menjadi terbaik untuk hifdh wa fahmil Qur’an kategori 10 juz, sedangkan Badrut Tamam menjadi terbaik untuk kategori 30 juz.

Rekan mereka, tim Nasyid ‘Avuntu’ juga berhasil mencatatkan prestasi nasional-regional. Mereka menjuarai kompetisi nasyid tingkat nasional dalam “Festival Arabia 2015” yang diselenggarakan Universitas Al Azhar Indonesia. Mereka juga berhasil menjadi salah satu tim persembahan terbaik dalam Pekan Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) se-ASEAN yang diselenggarakan di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia.

Tidak hanya itu, tiga Mahasiswa UIN Jakarta Teguh Trisna Dewa (PMH/Ilmu Hukum), M. Raziv Barokah (Ilmu Hukum), dan Hamalatul Qurani (Ilmu Hukum) berhasil menjuarai Debat Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia yang digelar Mahkamah Konstitusi di Bogor.  Lima bulan kemudian, mereka kembali menjuarai Lomba Debat Mahasiswa Nasional tentang Keterbukaan Informasi Publik yang digelar Komisi Informasi Pusat (KIP).

“Doa dan harapan kita, semoga mereka bisa terus meningkatkan prestasi di masa depannya. Doa dan harapan yang sama disampaikan kepada rekan-rekan mereka, mahasiswa lainnya, untuk turut serta mencatatkan prestasi di berbagai bidang yang mereka minat,” tutup rektor. (LRF)