Ruang Uni Club, BERITA UIN Online – Rektor Dede Rosyada melepas secara resmi kontingen UIN Jakarta yang akan mengikuti Perkemahan Wirakarya (PW) ke XIV Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia di UIN Pekanbaru, Riau, pada 3-10 Mei 2018. Acara pelepasan berlangsung di Ruang Uni Club Auditorium Harun Nasution, Jumat (27/4/2018). Turut hadir Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Rudi Subiyantoro dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Subarja.

Acara pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Rektor Dede Rosyada kepada Pembina Gugus Depan Nanang Syaikhu. Bendera tersebut kelak akan dipasang di lokasi pembukaan yang digelar di Stadion Utama Pekanbaru.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta PW PTK yang berhasil terpilih. Ia juga berpesan agar event dua tahunan Kementerian Agama tersebut dapat dijadikan pengalaman berharga.

“Kalian akan berada di arena PW bukan semata mengabdikan diri di masyarakat, tapi juga akan bertemu kawan baru dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Untuk itu, Rektor meminta para peserta dapat menjadi kontingen terbaik yang mewakili UIN Jakarta. “UIN Jakarta merupakan satun-satunya PTKIN terbaik se-Indonesia. Jadi, kita harus menjadi yang terbaik dalam semua kegiatan, apalagi di tingkat nasional,” ujarnya.

Pada PW ke XIV PTK tahun ini, kontingen UIN Jakarta mengirimkan sebanyak 30 orang, terdiri atas 20 peserta (10 putra dan 10 putri), empat pembina pendamping (2 putra dan 2 putri), satu pimpinan kontingen, dan lima peninjau. Kontingen tersebut akan berangkat menuju Pekanbaru pada 2 Mei 2018 dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta pukul 10.20 WIB. Sedangkan pulang pada 11 Mei 2018 menggunakan pesawat yang sama pukul 16.35 WIB.

PW ke XIV PTK se-Indonesia, menurut rencana, akan dibuka Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di Stadion Utama Pekanbaru pada 3 Mei 2018. PW PTK diikuti oleh sekitar 2.000 peserta perwakilan dari 58 PTKIN dan beberapa perguruan tinggi negeri/swasta di Pekanbaru.

Kegiatan PW PTK difokuskan di dua lokasi, yakni kampus UIN Pekanbaru sebagai basecamp (perkemahan) dan Kabupaten Kampar sebagai homestay (peserta tinggal di ruman penduduk). Sementara kegiatan bersifat fisik dan non fisik dengan pekanan pada pemberdayaan masyarakat desa melalui pengembangan eco cultural tourism.

Selama di homestay, peserta UIN Jakarta akan berada di Desa Limau Manis, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar bersama peserta dari kontingen UIN Banda Aceh, UIN Semarang, UIN Yogyakarta, IAIN Ambon, IAIN Batusangkar, IAIN Bengkulu, IAIN Jember, IAIN Langsa, IAIN Surakarta, IAIN Manado, IAIN Kudus, STAIN Meulaboh, dan STAIN Bengkalis. (ns)