DI8W6009Lapangan SC, Berita UIN Online – Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA melepas 2548 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lapangan Student Centre (SC), Jum’at (31/7/15). Turut hadir mendampingi Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusran Razak MA, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MAg, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDIK) Dr Arif Subhan MAg serta Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Djaka Badranaya Sag ME.

Dalam sambutannya, Rektor mengharapkan momen yang senantiasa dinantikan oleh mahasiswa diakhir perkuliahannya sebelum menempuh masa skripsi ini hendaknya diisi dengan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Selamat jalan anak-anakku, selamat bersosialisasi dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan, jaga sikap dan tingkah laku kalian, jaga nama baik pribadi, keluarga dan almamater tercinta ini” pesan Rektor.

Rektor menambahkan, untuk KKN Kali ini tidak diikuti dua belas fakultas yang ada di UIN Jakarta, karena 3 Fakultas tidak mengikuti KKN regular, diharapkan mendatang seluruh fakultas yang ada di UIN Jakarta ini mengikuti KKN reguler yang dikoordinir oleh PPM ini, tandas Rektor.

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM), Djaka Badranaya mengatakan, peserta KKN tahun ini dibagi menjadi 160 kelompok yang tersebar di 100 desa di Kabupaten Bogor dan 60 desa di Kabupaten Tangerang.

”Kepada para peserta KKN, diharapkan mampu mengemban amanah almamater untuk dapat mengabdi dan mengembangkan tempat dimana KKN itu dilaksanakan, jangan jadikan KKN ini semata hanya tuntutan beban SKS, akan tetapi bagaimana KKN ini menjadi wadah penting to care (saling peduli sesama)dan to share (saling berbagi)” ujarnya saat memberi sambutan dan  laporan pelaksanaan KKN.

Djaka menambahkan, dalam KKN ini, setidaknya ada empat hal yang akan dipelajari sekaligus diamalkan peserta saat di lokasi. Diantaranya, proses belajar banyak hal (nilai sosial), bagaimana hidup bermanfaat, membangun kedekatan emosional dengan masyarakat serta bagaimana bekerjasama dalam tim.

“Alhamdulillah secara keseluruhan acara ini berjalan sesuai harapan tanpa menemui kendala yang cukup berarti. Sebelumnya PPM telah memberangkatkan 15 peserta KKN Kebangsaan di Kepulauan Riau dan sudah mulai bergerak merealisasikan program-program KKN mereka. KKN ini secara keseluruhan akan berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 1-30 Agustus 2015,” terang Djaka. (Luthfy Rijalul Fikri)

Share This