Teater Mahmud Yunus, Berita UIN Online— Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA me-launching bukunya Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah dalam seminar nasional dan bedah buku yang digelar Prodi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di Ruang Teater Mahmud Yunus, Senin (22/05/2017).  Selain rektor, dua guru besar bidang pendidikan Islam FITK Prof Dr Husni Rahim dan Prof Dr Armai Arief  turut menarasumberi kegiatan.

Dalam sambutannya, rektor mengungkapkan, buku yang ditulisnya merupakan refleksi atas isu-isu tentang pengembangan madrasah maupun tuntutan profesionalisme guru-gurunya. Tema tersebut dianalisisnya dalam perspektif implementasi otonomi daerah yang memungkinkan daerah memiliki otonomi cukup luas di sektor pendidikan.

Dalam sejarahnya, kata rektor, madrasah merupakan lembaga pendidikan modern yang berperan besar membangun literasi keislaman dan keilmuan di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Hanya kemudian, pada saat desentralisasi dilakukan, madrasah tidak turut menjadi bagian dari paket desentralisasi.  “Madrasah sebagai lembaga pendidikan justru harus bersikap mandiri di era ini,” katanya.

Buku yang diterbitkan UIN Jakarta Press ini terdiri dari lima bagian. Kelimanya, Dinamika Madrasah di Indonesia, Kurikulum: Pendidikan dan Pembelajaran, Peran Strategis Guru dalam Pendidikan Nasional, Profesionalisme Guru, dan Pendidikan Multikultural di Madrasah. (Farah/Yuni Nurkamaliah/ZM)

Share This