Rektor Kumpulkan Voluntir Asing

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Devy Cahyo, Hafsa Tia Annisah, Nur Fitriyani

Ruang Uniclub, BERITA UIN Online Bertempat di ruang Uniclab, Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat mengumpulkan sejumlah voluntir asing, Jumat (8/7). Pertemuan digelar International Office (IO) UIN Jakarta dan bertujuan untuk saling memperkenalkan diri.

“Pertemuan ini digelar untuk mengenalkan pimpinan UIN Jakarta dengan para voluntir asing dan sebaliknya,” kata Dr Yeni Ratna Yuningsih, Direktur IO.

Menurut Yeni, para voluntir asing berasal dari beberapa negara, antara lain Kanada, Mesir, Somalia, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, dan Rusia. Selama menjadi voluntir mereka semacam jembatan antara pemerintah negara masing-masing dengan UIN Jakarta dalam pengurusan mahasiswa asing. “Di UIN Jakarta ada sekitar 100 mahasiswa asing dari berbagai negara. Mereka tengah mendalami studi Islam. Melalui mereka (voluntir), para mahasiswa tersebut di antaranya dapat kuliah dan menjadi pemberi informasi,” lanjutnya.

Yeni berharap acara pertemuan dengan voluntir asing dapat berjalan secara berkala setiap tahun. Kehadiran mereka sangat penting dalam meretas jalan terwujudnya cita-cita UIN Jakarta menjadi world class university dan lebih terkenal di dunia internasional.

Sementara itu, dalam sambutannya Rektor Prof Dr Komarrudin Hidayat mengungkapkan rasa terima kasih atas partisipasi para voluntir bergabung dengan UIN Jakarta. Mereka bahkan dinilai telah banyak memberi kemudahan bagi pengurusan mahasiswa asing yang akan belajar di UIN Jakarta.

“Kami sangat berterima kasih dan menyambut gembira atas kehadiran Anda di sini (UIN Jakarta, Red). Setidaknya forum ini adalah momentum yang tepat untuk saling mengenal satu sama lain,” katanya.

Selain Rektor, acara juga dihadiri para pembatu rektor, kepala biro, dekan, kepala lembaga, dan sejumlah mahasiswa asing, baik program S-1 maupun pascasarjana.