Rektor Kukuhkan Pengurus IKALUIN Periode 2012-2016

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Hotel The Sultan, BERITA UIN Online–Bertempat di Hotel The Sultan, Jum’at (16/3),  Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat mengukuhkan pengurus baru Ikatan Alumni UIN Jakarta (IKALUIN) periode 2012-2016. Kepengurusan IKALUIN periode ini terdiri atas Dewan Pembina, Dewan Penyantun, Dewan Pakar, dan Pengurus Pusat.

Rektor dalam sambutannya menjelaskan, UIN Jakarta saat ini menjadi barometer UIN, IAIN dan STAIN seluruh Indonesia. Bahkan, kalangan internasional bila ingin mengetahui Islam dan Muslim Indonesia, mereka harus datang ke UIN Jakarta, selain bertandang ke PP Muhammadiyah dan PBNU.

“Jadi posisi UIN Jakarta begitu penting. Karenanya peran alumni UIN Jakarta dalam berbagai lini sangat dibutuhkan,” kata Rektor, yang juga Ketua Dewan Pembina IKALUIN.

Ketua Umum Pengurus Pusat IKALUIN periode ini dijabat Drs Ahmad Zacky Siradj, alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta tahun 1970-an. Sedangkan Sekretaris Jenderalnya dijabat Rusydi Zakaria, MEd, MPhil, yang juga alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta.

Sementara Prof Dr Azyumardi Azra MA didaulat sebagai Ketua Dewan Pakar dan didampingi Dr Ali Munhanif sebagai sekretarisnya.

Zacky Siradj dalam sambutannya menyatakan, UIN Jakarta yang dulu bernama Akademi Kedinasan Ilmu Agama (ADIA) dan IAIN,  harus punya kontribusi untuk kemajuan bangsa. Karena itu, peran para alumni UIN Jakarta untuk mencapai usaha tersebut adalah keniscayaan.

“Di sinilah uregnsi kehadiran IKALUIN. Organisasi ini hadir untuk kaderisasi. Kalau untuk pengembangan ilmu ada UIN. Untuk dakwah itu adalah tugas kita semua,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran IKALUIN untuk mengembangkan Islam yang santun, damai, dan peduli terhadap kemanusian. “IKALUIN mengembangkan Islam yang ramah dan sejuk, tetapi tetap confident. Alumni UIN harus jadi solusi dan memberi manfaat kepada orang lain,” sambung Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Nasional Masyarakat Pariwisata Indonesia (BPN MPI) ini.

Acara pelantikan yang digelar pukul 14.00 WIB ini dihadiri pula alumni ADIA, seperti Dr (HC) AM Fatwa, yang juga sebagai Ketua Dewan Penyantun IKALUIN. Beberapa alumni senior seperti Prof Dr Tuti Alawiyah, Dr Fachry Alli MA, Dr Wahiduddin Adams, dan lain-lainnya, juga turut memeriahkan acara tersebut. (Zaenal M)