Rektor: Jadilah Karyawan Tuhan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Fatma Muhammad

Auditorium, BERITA UIN Online – Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat menyatakan para pejabat UIN Jakarta agar bertindak sebagai karyawan Tuhan. Dengan menjadi karyawan Tuhan, tabungan yang diisi bukan hanya uang melainkan pahala sebagai investasi akhirat.

Hal itu dikatakan Rektor saat membuka Training Motivasi Pejabat UIN Jakarta yang digelar di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Sabtu (18/6). Acara diikuti oleh sedikitnya 106 pegawai yang menjadi pejabat di UIN Jakarta. Mereka terdiri atas kepala biro, kepala bagian, kepala sub bagian, serta ketua-ketua lembaga struktural.

“Jadilah karyawan Tuhan, bukan karyawan UIN Jakarta,” ujarnya dengan nada penuh simbolik.

Rektor menandaskan, bekerja sebagai karyawan Tuhan lebih berarti. Karena dengan demikian motivasi bekerja tak semata mengejar keuntungan materi tetapi juga pahala sekaligus. Jika motivasi itu sudah tertanam, maka bekerja akan selalu dilandasi dengan ketulusan dan bahkan keikhlasan alias tanpa pamrih.

Dia juga mengatakan, untuk meningkatkan motivasi bekerja, pegawai tak cukup dibekali hanya dengan prajabatan atau pendidikan dan latihan. Melalui training ini diharapkan tercipta suasana baru dalam proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. “Tujuannya untuk menyegarkan kembali etos dan kinerja para pegawai, sehingga muncul sikap maupun semangat bekerja dengan baik dan penuh etika.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Drs H Abd Shomad MA mengatakan, peningkatan mutu pegawai UIN Jakarta hingga kini terus dilakukan. Selain melalui prajabatan serta pendidikan dan pelatihan pada tingkat pimpinan (diklatpim), para pegawai perlu mendapat bekal tambahan. Salah satunya dengan training motivasi yang menghadirkan narasumber dari unsur non-birokrat. “Ke depan pelatihan semacam ini akan dilakukan secara periodik dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, secara umum kinerja para pegawai UIN Jakarta cukup baik. Hanya saja masih perlu dilakukan peningkatan-peningkatan, baik yang menyangkut etos, sikap, skill maupun kedisiplinan serta etika. “Intinya kita ingin seluruh pegawai UIN Jakarta memiliki loyalitas, integritas, dan komitmen terhadap pekerjaan yang menjadi bidang tugasnya masing-masing,” harapnya.

Training Motivasi Pejabat yang berlangsung selama sehari itu diisi dua narasumber sebagai motivator. Mereka adalah penulis novel  9 Summers 10 Autum Adi Setiawan dan Ketua Yayasan Permatasari Jakarta Ir Ida Ismail Nasution MBA.