Rektor: Hindari Laknat Alam

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Kampus I, BERITA UIN Online–Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam, namun kekayaan sumber daya alam tersebut tidak banyak memberikan keuntungan kepada bangsa Indonesia. Hal itu terjadi karena kekayaan sumber daya alam itu hanya dikuasai oleh para kapitalis asing akibat ulah birokrat yang tak bertanggungjawab. Tak jarang akibat ulah mereka menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah dan mengakibatkan bencana alam yang dahsyat.

“Kalau kita tidak bisa mengelola alam kita, alam bisa melaknat kita. Misalnya, banjir akibat penebangan pohon secara liar, penambangan di daerah konservasi, dan penguasaan hutan-hutan kita oleh asing,” kata Rektor pada acara “Aksi Nyata Penghijauan Kampus, Penanaman 200 Pohon Salam di kampus UIN Jakarta”, Selasa (1/3).

Untuk mencegah berbagai bencana alam tersebut, ujar Rektor, generasi muda Indonesia harus menyelematkan lingkungannya dengan berbagai cara. “Karena itu, sebagai mahasiswa sekaligus generasi muda penerus bangsa, hendaknya peduli dengan menyelamatkan tanah negeri ini, caranya adalah menjaga berbagai kekayaan alam serta melestarikan demi anak cucu kita kelak,”  katanya.

Dijelaskannya, di luar negeri mahasiswa yang aktif dan peduli lingkungan mempunyai nilai tambah dan mereka mudah mendapatkan pekerjaan. “Selain punya ijazah, mereka punya sertifikat keahlian. Nilai keahlian itulah yang jadi tolok ukur seseorang bisa bekerja atau tidak,” papar Rektor.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rektor mengajak mahasiswa untuk aktif di berbagai kegiatan sosial, tanpa harus meninggalkan kewajiban utama mahasiswa, yakni belajar dengan tekun. “Inilah modal untuk maju di masa mendatang,” imbuhnya. (dina)