Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online— Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, menghimbau mahasiswa program pascasarjana agar mempublikasikan tesis dan desertasinya di jurnal nasional dan internasional. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung transformasi UIN untuk menjadi universitas berbasis riset.

Demikian disampaikan Prof Dr Yusron Razak MA, saat membacakan pidato rektor dalam acara wisuda ke-99, Sabtu (20/02) di Gedung Auditorium Utama Harun Nasution.

“Sebagai ikhtiar untuk menjadi universitas berbasis riset, kedepan kita akan dorong mahasiswa pascasarjana untuk bisa mempublikasikan hasil tesis dan desertasinya di jurnal nasional maupun internasional” ungkap Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ini.

Ditambahkan Yusron, perubahan UIN menjadi universitas riset meniscayakan jumlah mahasiswa pascasarjana harus lebih banyak dari mahasiswa program sarjana agar tradisi riset yang dipublikasikan meningkat. “Saat ini kampus kita lebih banyak mahasiswa program sarjana, selanjutnya mahasiswa program pascasarjana harus lebih banyak lagi” tambahnya.

Selain itu, sarana dan prasarana untuk mentradisikan riset di tatanan sivitas akademika UIN Jakarta harus dilengkapi. Seperti, penyediaan perpustakaan yang refresentatif, laboratorium, koneksi internet yang memadai, dan memperluas networking dengan universitas lain yang telah mendapatkan pengakuan dunia.

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah lebih memperbanyak kegiatan seperti konferensi, symposium dan publikasi temuan-temuan baru dari hasil riset yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dan dunia. (NJS/LRF)

Share This