Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak (tak tampak) memukul gong menandai dimulainya kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 di lapangan UIN Jakarta, Selasa (22/8/2017). (Foto: Hermanuddin)

Lapangan UIN, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada membuka penyelenggaraan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 di lapangan UIN Jakarta, Selasa (22/8/2017). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan dua burung merpati serta penyematan tanda peserta.

Rektor dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi. Mereka yang lolos, kata Rektor, merupakan mahasiswa pilihan karena berhasil menyisihkan ratusan ribu calon mahasiswa lain yang masuk UIN Jakarta.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada kalian yang telah menjadi mahasiswa UIN Jakarta. Saya juga berpesan agar kalian memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-sebaiknya dan jangan berlama-lama di kampus,” ujarnya.

Rektor mengatakan, bila hari ini ada ribuan mahasiswa baru yang berhasil lolos seleksi, dua hari pada pekan depan akan ada rautusan mahasiswa yang menjadi sarjana, yaitu wisuda sarjana ke-105. Untuk itu Rektor berpesan mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan pada awal September mendatang, di tahun 2001 nanti setidaknya sudah harus lulus kuliah.

“Silakan kalian belajar dari sekarang, cepat menjadi sarjana, dan kemudian menjadi profesional muda. Kalian adalah tumpuan dan harapan masa depan bangsa,” katanya.

Acara pembukaan PBAK yang diikuti lebih dari 5.000 mahasiswa baru itu berlangsung semarak. Pembukaan dihadiri para wakil rektor, dekan dan wakil dekan, serta seluruh sivitas akademika. Juga hadir Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang memberikan pidato kebangsaan tentang bela negara. Kegiatan PBAK akan berlangsung hingga 24 Agustus 2017 mendatang. (ns)

Share This