Rektor Berikan Pembekalan Kepada 15 Mahasiswa UIN Jakarta Peserta KKN Kebangsaan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Rektorat, Berita UIN Online – Rektor memberikan arahan dan pembekalan kepada 15 mahasiswa UIN Jakarta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan pada hari Senin, (27/7). 15 Mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan yang bertema “Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan: Penguatan Program Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Masyarakat” ini akan diberangkatkan menuju Kepulauan Riau, pada hari Selasa, 28/7/15).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA berpesan, bagaimana mahasiswa dapat menyuarakan dan mempersuasi masyarakat Riau untuk bersama menjaga kesatuan NKRI, mahasiswa juga harus dapat menjaga moralitas diri demi menjaga nama baik pribadi dan almamater.

“Jaga sikap dan prilaku selama di tempat KKN, bertindaklah yang baik, sopan dan bila perlu mampu memberikan pencerahan serta angin segar kepada masyarakat sekitar, sehingga dapat menambah citra baik UIN Jakarta di mata masyarakat setempat,” pesannya.

Hadir pula Wakil Rektor IV Prof Dr Murodi MA, ia juga memberikan pesan kepada mahasiswa agar menghormati dan bila perlu mengikuti tradisi masyarakat setempat, sembari terus mengaplikasikan intelektualitas mahasiswa yang telah diperoleh di bangku perkuliahan, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Turut mendampingi mahasiswa dalam pembekalan tersebut, Ketua PPM UIN Jakarta, Jaka Badranaya ME. Saat ditemui tim Berita UIN, ia memaparkan bahwa mahasiswa akan disebar di empat kabupaten di Riau, yaitu Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Palalawan.

“Kegiatan KKN Kebangsaan akan diikuti oleh seribu mahasiswa, dua ratus diantaranya dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM), mereka akan mengikuti pembekalan tiga hari di Batalion 132 BS Bangkinang Riau mengenai kebakaran hutan”, papar Jaka.

“KKN Kebangsaan merupakan bentuk pengabdian mahasiswa untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh 20 Universitas se-Indonesia untuk jawa bagian barat, dan akan dimulai pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus, tersebar dibeberapa desa yang telah ditentukan oleh panitia dari Universitas Riau”, tambahnya.

Sedangkan ke-15 peserta KKN Kebangsaan dari UIN Jakarta terdiri dari beberapa fakultas, enam mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, satu mahasiswa dari  Fakultas Adab dan Humaniora dan tujuh mahasiswa dari Fakultas Syariah.

 (Rahma Sari/ Luthfy Rijalul Fikri)