Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada pada Senin (5/2/2018) mendatang dijadwalkan akan melantik pengurus sejumlah lembaga kemahasiswaan tingkat universitas. Upacara pelantikan akan berlangsung di Gedung Auditorium Harun Nasution pada pukul 09.00 WIB.

Demikian keterangan yang disampaikan Kepala Sub Bagian Bina Bakat Mahasiswa R. Trisno Riyadhi MM kepada BERITA UIN Online di Gedung Kemahasiswaan, Kamis (1/2/2018). Trisno mengatakan, acara pelantikan semula dijadwalkan pada 30 Januari 2018. Namun, mengingat jadwal Rektor yang cukup padat, pelantikan itu pun diundur menjadi Senin pekan depan.

“Iya seharusnya Selasa kemarin. Tapi karena jadwal Rektor padat jadi diundur. Semoga tidak ada perubahan lagi,” katanya.

Menurut Trisno, pelantikan pengurus lembaga-lembaga kemahasiswaan di UIN Jakarta setiap tahun selalu dilakukan secara massal. Hal itu bertujuan agar efektif dari segi waktu namun tidak mengurangi substansi pengukuhan. “Jika setiap lembaga kemahasiswaan dilantik terpisah dan sendiri-sendiri justru malah lebih repot. Apalagi jika pengurus semua lembaga itu Rektor yang melantik,” jelasnya.

Lagi pula, lanjut Trisno, pelantikan pengurus dilakukan secara simbolis. Artinya, pengurus yang dilantik hanya perwakilan atau pimpinan tertinggi dari masing-masing lembaga kemahasiswaan saja, kecuali untuk pengurus senat dan dewan mahasiswa.

Trisno mengemukakan, pengurus lembaga kemahasiswan yang akan dilantik adalah senat mahasiswa dan dewan mahasiswa universitas, serta 14 unit kegiatan mahasiswa (UKM). “Tapi ada satu pengurus UKM, yakni Resimen Mahasiswa (Menwa), tidak dilantik karena belum ada pergantian pengurus,” katanya. (ns)