Rayakan Milad, KMM Riak Gelar Konser Epicosmic

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

pamflet_newGedung Rektorat, Berita UIN Online– Rayakan milad ke-18,Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)Komunitas Musik Mahasiswa Ruang Inspirasi Atas Kegelisahan (KMM RIAK) bakal menggelar konser tunggal pada 2 Desember 2016.

Demikian disampaikan Divisi Humas KMM Riak Nanda saat menyampaikan permohonan audiensi untuk pemaparan lebih lanjut acara tersebut kepada Rektor UIN Jakarta, Selasa (15/11/2016) di Gedung Rektorat lantai 2.

“Relevan dengan perkembangan musik secara global, mendorong KMM RIAK untuk mengadakan suatu konser musik bertajuk Ledak RIAK, sebuah konser tunggal dengan mengangkat tema Epicosmic sebagai persembahan milad KMM Riak,” ujar Nanda.

Ledak RIAK adalah sebuah ledakan baru bagi KMM RIAK, lanjutnya, dimana ini merupakan kali pertamanya UKM ini mengadakan sebuah konser tunggal setelah konser musik lainnya yang telah terlaksana dan dinilai sukses serta mendapat tanggapan positif dari penikmat musik secara luas.

Dikatakannya, bercermin pada kesuksesan acara musik yang telah diadakan sebelumnya, yaitu Cafe Tiban ”Rockvolution” yang menyuarakan musik rock, juga Kosmigeni, yang memperdengarkan komposisi musik klasik, dengan itu KMM RIAK mencoba membuat gebrakan lain melalui tema Epicosmic.

“Sebuah tema yang akan memadukan alunan musik rock dibalut dalam simfoni orkestra. Menggabungkan dua dunia musik, yakni rock dan simfoni, sebagai satu kesatuan diyakini akan menyajikan kolaborasi musik yang berbeda,” imbuh Nanda.

Perpaduan antara kerasnya musik rock dengan kemegahan musik orchestra, Nanda menjelaskan, menjadi konsep yang diusung dalam konser musik Ledak RIAK. Selain berlandasan pada perkembangan musik secara global, tidak terlepasnya sebagai komunitas musik anak bangsa yang lahir di negeri kaya akan budaya, mendorong KMM RIAK turut ikut melestarikan lagu-lagu daerah yang kian tenggelam dalam era modernisasi.

“Dengan demikian, di samping membawakan komposisi musik yang merupakan karya Taufik A Adam, seorang komposer sekaligus guru besar KMM RIAK, dalam konser musik Ledak RIAK yang akan digelar di Auditorium Harun Nasution ini juga akan dibawakan lagu-lagu daerah dengan kemasan berbeda dalam satuan komposisi musik rock bernuansa simfoni, sehingga mudah diterima oleh masyarakat umum,” pungkasnya.

Diketahui, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bersifat independen ini didirikan pada Senin, 23 November 1998 di Kantin Mahasiswa IAIN Jakarta dengan visi menjadi UKM di bidang musik yang kreatif, inovatif, dan produktif. (mf)