Seminar Nasional HiqmaStudent Center, BERITA UIN Online– Dalam rangka merayakan milad ke-28, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (HIQMA) UIN Jakarta menggelar rangkaian kegiatan pekan Semarak al-Quran pada 16-21 Oktober 2016.

Ketua HIQMA 2016 Kurnia Yuha Izvana saat ditemui BERITA UIN Online usai acara Tabligh Akbar di Student Center, Selasa (18/10/16) mengatakan, kegiatan yang bertema “Damai Bersama al-Qur’an” ini bertujuan untuk mengajak sivitas akademik UIN Jakarta, baik mahasiswa, dosen maupun pegawai, di tengah-tengah kesibukannyauntuk dapat sejenak meluangkan waktu membaca, mempelajari dan kemudian dapat mengamalkan al-Quran.

“Alhamdulillah kita sudah laksanakan beberapa rangkaian acara dari enam acara yang kita gelar,” ujar Kurnia.

Pada Ahad (16/10/16), sambungnya, rangkaian acara diawali dengan Karnaval Muharram, dilanjutkan Khataman Akbar, Senin dan Selasa (17-18/10/16). Pada malam harinya diisi dengan Tabligh Akbar bersama Habib Abdullah bin Ja’far Assegaf (Majelis Nurul Musthofa) dan Dr Akhmad Sodiq MA (Kepala Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Jakarta) di Aula Student Center.

Dengan demikian, Kurnia memaparkan, masih tersisa tiga acara yang akan digelar, yaitu Seminar Nasional dan Khataman al-Quran Bersama Kampus Sejabodetabek pada Kamis, (20/10/16) pukul 08.00-13.00 WIB di Auditorium Harun Nasution.

“In syaAllah Rektor UIN Jakarta berkenan untuk menjadi Key Note Speaker dan Prof Dr Said Agil Husin al-Munawwar MA (guru besar UIN Jakarta) sebagai narasumber dengan tema Al-Quran untuk Semua,” terang mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan itu.

Dilanjutkannya, rangkaian acara terakhir adalah Haflah Tilawah dan Malam Puncak Apresiasi pada Jumat, (21/10/16) pukul 19.00 WIB sampai selesai di Auditorium Harun Nasution menghadirkan KH Muammar ZA (Qari Internasional Legendaris), Drs H Syarifuddin Muhammad MM (Qari Internasional & Pendiri HIQMA), Dasrizal M Nainin SSI MIS (Qari Internasional dan dosen Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta), dan Mastia Lestaluhu SSy (Qariah Internasional).

“Acara ini terbuka untuk umum. Silahkan hadir untuk menambah wawasan kita seputar al-Quran, sehingga acara ini menjadi semakin semarak dan membawa banyak keberkahan,” pungkas Kurnia. (mf)

Share This