Ratusan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik ROL

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Aula Madya, BERITA UIN Online–Bertempat di Aula Madya, Selasa (5/5), ratusan mahasiswa UIN Jakarta dari berbagai fakultas mengikuti pelatihan jurnalistik online. Pelatihan gratis ini diselenggarakan oleh Republika Online (ROL) selama  sehari.

Tidak sedikit mahasiswa yang senang dan antusias dengan pelatihan langka ini. Menurut Ali Rahman (21), mahasiswa Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM), pelatihan jurnalistik oleh Rol ini memberikan hal yang baru bagi dirinya dan sangat menarik.

“Luar biasa sekali. Kita mendapatkan cara menulis yang baik dan sebagainya. Selama ini belum mendapatkan dari kuliah,” ujarnya.

Selain mendapatkan bentuk dan teknik penulisan berita yang baik, Ali juga mengaku bahwa menulis yang baik itu harus dimulai dari fakta, bukan pendapat pribadi atau mengutip pendapat orang yang belum jelas kebenarannya. “Saya baru tahu kalau menulis opini itu berangkat dari fakta,” sambung mahasiswa semester IV  sembari tersenyum.

Sementara M. Idham menyatakan, pelatihan jurnalistik tersebut akan lebih menarik jika dilanjutkan dengan praktik di lapangan. “Pelatihan ini perlu praktik supaya peserta semakin antusias,” ujar mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Kepada BERITA UIN, Redaktur Pelaksana Rol, M. Irwan Ariefyanto, menjelaskan pelatihan Rol to Campus merupakan bentuk kepedulian dari ROL berbagi tentang ilmu tulis- menulis. “Ini Corporate social responsibility (CSR)-nya ROL kepada masyarakat, terutama anak-anak muda dan mahasiswa,” ujarnya.

Pelatihan ini dilaksanakan, kata dia, agar bangsa Indonesia mempunyai tunas-tunas bangsa yang pandai menulis dengan benar dan enak dibaca.  “Kami melihat kurangnya penulis-penulis muda. Aktivitas menulis para mahasiswa belum optimal. Mereka menulis sering dengan opini bukan dengan fakta. Mereka tidak tahu bagaimana menulis yang benar,” papar Irwan.

Dengan pelatihan ini, sambung dia, diharapkan mahasiswa lebih aktif lagi menulis dengan teknik dan bahasa yang baik, sehingga tulisannya punya makna dan tidak sekadar mengutip pendapat orang lain.”Plagiat saat ini sangat mengkhawatirkan. Dan ini banyak dilakukan mahasiswa,”imbuhnya.

Sementara Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Dr. Sudarnoto Abdul Hakim pada sambutannya menyatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan Rol to Campus. Sebab, kunjungan ini merupakan kesempatan untuk menimba ilmu tentang tulis-menulis. “Kemampuan ini wajib dimiliki mahasiswa. Jadi, manfaatkan kesempatan ini,” himbaunya.

Menurut Sudarnoto, sebenarnya para mahasiswa memiliki kemampuan menulis yang baik. Namun, kemampuan itu kurang terasah lantaran kegiatan tulis-menulis hanya mencakup tugas kuliah atau skripsi. Untuk itu, perlu ada pelatihan menulis guna mendorong mahasiswa untuk lebih aktif lagi menulis. “Caranya ya melalui pelatihan ini. Tentu dari pelatihan ini ada semacam motivasi dan inspirasi yang mampu,” tandasnya. (D. Antariksa/S)