Ranita Rayakan Milad Ke-24

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Apristia Krisna Dewi

Aula Madya, BERITA UIN Online Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Ranita UIN Jakarta merayakan milad ke-24 di Aula Madya, Senin (21/3).

Dengan mengusung tema “Save Earth with The Art”, Ranita ingin mengingatkan, kondisi bumi kini memprihatinkan. Hal itu terjadi salah satunya akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam.

“Banyak sampah berserakan dan dibuang sembarangan sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan, padahal sampah sangat berpotensi menjadi barang yang bermanfaat dengan nilai ekonomi melalui proses daur ulang,” kata Ketua Panitia, Desri Akbari.

Karena itu, sebagai organisasi yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup, Ranita giat mengkampanyekan kegiatan daur ulang. Hal itu terbukti dengan perayaan milad Ranita ke-24 yang diisi dengan kegiatan pameran dan pelatihan daur ulang. Kegiatan daur ulang tersebut diisi dengan  memanfaatkan bahan baku sampah rumah tangga seperti bungkus bekas pasta gigi, pembersih lantai, sabun detergen, dan bungkus minuman bubuk menjadi produk tas, kantong serbaguna, dan sebagainya.

Di samping mengadakan kegiatan daur ulang, Ranita juga menggelar kegiatan seni sesuai dengan temanya untuk memeriahkan acara puncak milad. Kegiatan seni yang dinamakan Pentas Seni Lingkungan (Pensil) itu diisi dengan melukis tong sampah, Band, dan Perkusi. Di mana penampilannya menggunakan sarana musik dari barang-barang bekas seperti drum sampah, ember bekas, serta peralatan rumahtangga bekas lainnya.

“Dengan penampilan pentas seni tersebut, kami ingin menyampaikan pesan penting kepada manusia tentang pentingnya menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan hidup,” tandas Akbar. []