Ranita Kampanyekan Kampus Bebas Asap Rokok

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung FITK, BERITA UIN Online – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2012, Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Ranita mengampanyekan kawasan kampus UIN Jakarta untuk bebas asap rokok. Kampanye dan imbauan itu disampaikan mulai hari ini di gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Tampak hadir Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim dan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FITK Dr Muhbib Abdul Wahab.

Selain bebas asap rokok, kampus UIN Jakarta juga diimbau untuk hemat energi serta bersih dari sampah. “Untuk itu kami adakan aksi berupa pemasangan akrilik bertuliskan imbauan bebas asap rokok dan hemat energi di setiap gedung kampus,” kata Ketua Ranita, Syamsurizal.

Dia menandaskan, program pemasangan sejumlah akrilik imbauan itu dimaksudkan agar semua dosen, pegawai, dan mahasiswa tidak merokok di kawasan kampus. Bahkan dalam hal penghematan energi Ranita mengimbau untuk tidak menggunakan lampu di siang hari, menyalakan AC, serta penggunaan lift berlebihan. “Prinsipnya kita semua harus menjaga lingkungan kampus agar tetap sehat dan bersih,” ujarnya.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim berharap program Ranita tersebut dapat berjalan efektif. Pasalnya, jumlah penghisap rokok di kampus saat ini cukup banyak. Pelakunya bukan hanya mahasiswa, tapi juga dosen dan karyawan.

“Semoga tahun ini kampus UIN Jakarta lebih bersih dan nyaman,” katanya. (ns)