Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Gelar Rakor APPTIS se-Indonesia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Perpustakaan Utama

Mahasiswi sedang membaca di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta (dok. pubdok)

Gd. Syahida Inn, Berita UIN Online—Pusat Perpustakaan UIN Jakarta menyelenggarakan seminar dan rapat koordinasi Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) se-Indonesia di Gd. Syahida Inn, Rabu-Kamis (12-13/15/2015). Mengusung tema ‘Revitalisasi Perpustakaan Akademik Menuju World Class University’, Pusat Perpustakaan diharap mampu memenuhi kebutuhan informasi kepustakaan seluruh civitas academica.

Kepala Perpustakaan UIN Jakarta Amrullah Hasbana S.Ag, SS, MA dalam pembukaan acara mengatakan, seminar dan rapat koordinasi APPTIS diikuti para kepala pusat perpustakaan perguruan tinggi Islam se-Indonesia. Kegiatan diperlukan sebagai sarana bertukar informasi dan pengalaman dalam mewujudkan perpustakaan yang mampu menopang kegiatan akademik perguruan tinggi dengan pengembangan koleksi buku dan jurnal, teknologi, maupun sumber daya manusianya.

“Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras dan kerja cerdas dari semua pihak. Karena, perpustakaan kelas dunia akan membantu memajukan peradaban bangsa,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Rektor Prof. Dr. Dede Rosyada MA mengatakan, UIN Jakarta berkomitmen terus merevitalisasi fasilitas perpustakaan baik pengayaan sumber maupun teknologi. Menurutnya, revitalisasi perpustakaan diperlukan guna menopang kegiatan pembelajaran mahasiswa dan dosen.

Sebagai catatan, kata rektor, pada setiap universitas berkelas dunia, 66% kegiatan belajar mahasiswa terpusat di perpustakaan dan 34% bersama dosen. “Perpustakaan harus mampu memenuhi kebutuhan para mahasiswa belajar dan perpustakaan harus memberikan pelayan belajar kepada mahasiswa dalam waktu yang panjang,” katanya.

Sebagai catatan, pemenuhan kebutuhan kepustakaan civitas academica UIN Jakarta dipenuhi Pusat Perpustakaan yang berlokasi di kampus I (http://perpus.uinjkt.ac.id/), selain 12 perpustakaan yang dikelola di masing-masing fakultas. Khusus pusat perpustakaan, memiliki sejumlah layanan referensi berupa buku, jurnal cetak dan elektronik, ensiklopedi, dan media audio visual.

Koleksi buku Pusat Perpustakaan UIN Jakarta terbagai dalam dua kategori, yakni koleksi referensi dan koleksi umum. Total koleksi referensi yang hanya bisa dibaca di tempat mencapai 1500 judul. Sedangkan total koleksi umum yang bisa dipinjam mencapai 30.000 judul. (TAM)