Diorama, BERITA UIN Online— Pusat Karir UIN Jakarta bekerja sama dengan Kreditplus PT. Finansia Multi Finance menggelar psikotes penerimaan tenaga kerja. Kegiatan yang dilaksanakan pada, Kamis (08/03) itu, bertempat di ruang Diorama UIN Jakarta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) Drs H Zaenal Arifin MPdI.

Dalam sambutannya, Kepala Biro mengapresiasi atas diselenggarakannya acara tersebut. Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut mampu membantu para lulusan UIN Jakarta khususnya untuk menemukan tempat yang tepat untuk berkarir dan mengabdi.

“Semoga kegiatan ini mampu berkelanjutan dan memfasilitasi lulusan UIN Jakarta khususnya untuk dapat lebih mudah dalam mencari tempat di mana dirinya kelak akan berkarir,” pukas Zaenal.

Lebih jauh, Zaenal mengatakan bahwa saat ini diperlukan keterampilan khusus bagi lulusan perguruan tinggi, sehingga mampu menjadi nilai jual bagi dirinya untuk dapat menciptakan peluang usaha, lebih jauh mampu menciptakan lapangan kerja.

“Kalau kita memiliki keahlian khusus, maka kita tidak perlu mencari pekerjaan. Justru pekerjaan yang akan mencari kita, bahkan lebih jauh menciptakan lapangan kerja,” tandasnya.

Agar mampu memiliki keterampilan khusus, masih menurut Zaenal, hendaknya kita terus melatih diri sehingga menemukan bakat yang kita miliki melalui beberapa pelatihan. Terutama yang telah disediakan pihak kampus maupun di luar.

Di tempat yang sama, Ketua Pusat Karir Salamah Agung MA PhD saat ditemui BERITA UIN Online mengatakan, bahwa acara yang digelar tersebut merupakan rutinitas pusat karir dalam rangka memfasilitasi sekaligus menyalurkan lulusan UIN Jakarta dalam upaya mendapatkan tempat di mana dirinya akan berkarir.

“Alhamdulillah acara hari ini diikuti sedikitnya 60 peserta, dari jumlah pendaftar mencapai ratusan orang. Setelah psikotes ini, selanjutnya akan dilakukan wawancara oleh owner,” jelasnya.

Salamah menambahkan, bahwa ke depan dirinya beserta seluruh pengurus pusat karir berkeinginan kuat agar pusat karir mampu menjadi lembaga mandiri serta cakupan kerjasama lebih luas.

“Dengan demikian, akan semakin banyak lulusan yang dapat kami fasilitasi dan salurkan ke tempat-tempat yang diminati. Tentunya, harapan ini perlu dukungan dan partisipasi dari segenap jajaran pimpinan UIN Jakarta,” jelas Salamah penuh optimis.

Selanjutnya, untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas serta lowongan pekerjaan yang tersedia, dapat mengunjungi laman pusat karir http://karir.uinjkt.ac.id. (lrf)