Salah satu peserta sedang melafalkan surat-surat pendek dalam Lomba Tahfiz Festakara yang diadakan HMJ Piaud FITK UIN Jakarta di Aula Terbuka lantai dasar gedung FITK, Senin (9/10/207)

Gedung FITK, BERITA UIN Online– Festival Lomba Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Festakara HMJ PIAUD FITK) UIN Jakarta digelar kali pertama, Senin (9/10/2017) di Aula Terbuka lantai dasar Gedung FITK.

Festival dibuka dengan gelaran Lomba Mewarnai dan Lomba Tahfizh tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) Paud pada Senin, dilanjutkan keesokan harinya (Selasa, 10/10/2017) dengan Lomba Tari Daerah, Fashion Show dan Spons Basah.

“Ada sekira empat ratusan peserta dari tiga puluh TK dan RA seputaran Tangerang Selatan, seperti Ciputat, Pamulang, dan Bambu Apus yang mengikuti festival ini,” ujar Ketua Panitia Ade Lestari Dwi Acna di sela-sela berlangsungnya acara.

Menurut Ade, kegiatan ini sedianya diadakan untuk menyambut Milad FITK dan UIN Jakarta pada Mei lalu sekaligus sebagai ajang silaturahim dan promosi Jurusan PIAUD UIN Jakarta. Namun dikarenakan berbarengan dengan acara wisuda, maka baru Oktober ini dapat dilaksanakan.

“Piaud adalah jurusan paling muda di fakultas ini. Untuk itu, di samping untuk memacu kreatifitas anak-anak dalam dunia seni dengan karakter islami, kita juga ingin menyosialisasikan kepada pihak sekolah bahwa telah dibuka jurusan Piaud di kampus UIN Jakarta,” tutur mahasiswa semester lima ini.

Senada dengan Ade, Ketua Jurusan (Kajur) Piaud Siti Khodijah MA mengatakan Festakara ini adalah kegiatan yang kali pertama dalam kegiatannya melibatkan masyarakat sekitar dan sekolah TK dan RA Se Tangsel.

“Tujuannya agar terjalin silaturahim dengan masyarakat sekaligus menyampaikan informasi kepada mereka bahwa UIN Jakarta membuka Jurusan Piaud yang kental dengan nilai-nilai keislaman, baik dari sisi seni maupun dalam perkembangan kompetensi anak usia dini,” ujar Khodijah.

Walaupun usianya baru memasuki tahun keempat, terangnya, Jurusan Piaud UIN Jakarta sudah terakreditasi B.

Ditambahkannya, selain diadakan lomba-lomba untuk para peserta, bagi anak-anak yang ikut mengantar utusan sekolahnya, juga disediakan beberapa sentra, seperti sentra mewarnai dengan jari tangan, sentra menempel, sentra gunung meletus, guna mengembangkan kemampuan kognitif dan psikomotrik anak, baik yang halus maupun yang kasar.

In sya Alloh ke depan akan lebih kami kembangkan untuk menjadi sentra media yang berbasis keislaman bagi pendidikan anak usia dini,” harapnya.

Dalam kegiatan yang dibuka Wakil Dekan Bidang Akademik (Wadek I) Dr M Zuhdi MEd ini disediakan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan. (mf)

Share This