Publikasi SPMB UIN Jakarta Disambut Antusias Para Santri Lebak

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Pesantren Dar El-Azhar, BERITA UIN Online-- Publikasi informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UIN Jakarta tahun akademik 2013/2014 mendapat sambutan antusias dari sejumlah pesantren dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Lebak, Banten.

Meski publikasi digelar malam hari, antusiasme para santri untuk mengetahui dan mendaftar ke UIN Jakarta cukup tinggi. “Kami ingin mendaftar ke UIN Jakarta saja,” ujar Fakhri (16), siswa kelas VI Kuliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Pesantren Dar El-Azhar, Rangkas Bitung usai mendengarkan publikasi di Aula Pesantren Dar El-Azhar, Selasa (28/5/2013).

Selain dia, puluhan murid yang lain juga mengajukan berbagai pertanyaan kepada tim publikasi. “Semangat mereka tinggi untuk kuliah. Kalau tidak kita batasi waktunya bisa sampai jam 23. 00 malam ini,” ujar Drs Edy Suandi, Kepala Bagian Perencanaan yang ikut menjadi narasumber publikasi.

Di tempat lain, Pesantren Dar El-Kutub Bayah dan SMK Muhammadiyah Rangkas Bitung misalnya, para murid juga sangat antusias bertanya. Di antara mereka menanyakan tentang peluang diterima pada Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah dan cara mendapatkan beasiswa di UIN Jakarta. “Apa bedanya Prodi Perbankan Syariah di UIN Jakarta dengan Prodi Perbankan pada umumnya dan bagaimana peluangnya diterima?” tanya Netty, siswi kelas XII Dar El-Kutub.

“Apakah untuk mendapatkan beasiswa cukup dengan nilai yang tinggi dan tidak mampu? Bagaimana dengan yang mampu, tapi ia punya prestasi yang bagus?” tanya Putri Rahmani, siswa kelas IX SMK Muhammdiyah.

Hal serupa juga terjadi di Pesantren Al-Mizan, Pesantren Qothrotul Falah, Pesantren Manahijus Sadaat, MA Negeri Bayah, dan, MAN Rangkas Bitung, serta sejumlah pesantren lainnya.

Atas kegiatan tersebut, Direktur Pesantren Dar El-Azhar, KH. Drs Ikhwan Hidiyin, MPd, mengatakan, pihaknya mengapresiasi usaha dan langkah UIN Jakarta memberikan informasi SPMB kepada para muridnya. “Ini hal yang langka. Jadi informasi ini penting bagi para santri,” katanya.

Hal serupa disampaikan pengasuh Pesantrten Al-Mizan, Ustdaz Fajrul, SPdI. Ia pun berharap di antara para siswinya dapat diterima di UIN Jakarta, sehingga kualitas pendidikan masyarakat Lebak meningkat. “Dengan pendidikan tinggi, maka kalian akan dapat pendidikan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat,” imbuhnya.

UIN Jakarta menggelar publikasi dan informasi ke sejumlah pesantren dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Lebak, Banten selama 3 hari, Senin-Rabu, 27-29 Mei 2013. Publikasi di MA dan sekolah digelar pada jam sekolah. Sedangkan publikasi di pesantren digelar malam hari, karena para santri pada pagi dan siang hari mengikuti ujian akhir pesantren.

Menurut Kepala Bagian Sistem Informasi (SI), Dra. Lily Fakhriyah, pendidikan adalah hak semua orang. “Pesantren adalah basis UIN Jakarta. Jadi kita menggelar publikasi ini agar UIN Jakarta tetap mendapatkan calon-calon mahasiswa yang unggul. Selain itu, pesantren pun dapat hak yang sama seperti murid-murid yang lain,” katanya.

Tim publikasi dan informasi SPMB UIN Jakarta terdiri atas Bagian Sistem Informasi, Bagian Akademik, dan Bagian Kemahasiswaan, serta Bagian Perencanaan. (D. Antariksa/Saifudin)