PU Gelar Sosialisasi Penggunaan e-Journal

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Aula Perpustakaan Utama (PU), BERITA UIN Online– Untuk memberikan memudahkan sivitas akademik mengakses jurnal-jurnal nasional maupun internasional, Perpustakaan Utama menggelar sosialisasi penggunaan jurnal online kepada para pustakawan, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, dan sejumlah mahasiswa utusan fakultas di Aula PU lantai 3, Rabu (28/11/12).

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada kita, bahwa perpustakaan tidak saja dalam bentuk buku atau cetak, tapi juga dalam bentuk elektronik,”ujar Kepapa PU Nuryudi MLIS di depan peserta workshop “Sosialisasi Penggunaan Journal Online.”

Menurutnya, PU UIN Jakarta telah berlangganan dengan sejumlah e-journal dan e-book yang bisa diunduh oleh anggota PU UIN Jakarta. “Jurnal-jurnal online itu harus dimanfaatkan. Kalau jurnal-jurnal online itu tidak diberdayakan secara maksimal, tentu mubazir,”katanya.

Ditegaskannya, untuk membeli atau berlangganan jurnal dan buku digital itu membutuhkan biaya mahal, karena itu sivitas akademik perlu memanfaatkan secara maksimal. “Biaya langganan satu e-journal ada yang mencapai Rp 300 juta pertahun,”imbuhnya.

Wakil Kepala PU Amrullah Hasbana MA mengungkapkan, sedikitnya pengunjung PU dalam satu hari terdapat 2000 orang. “Ini memang masih sedikit kalau dilihat dari jumlah mahasiswa secara keseluruhan yang berjumlah sekira 21 ribu orang. Lagi pula kalau 50 persen dari mereka mau berkunjung dalam satu hari tentu kita kekurangan ruang baca,”katanya.

Untuk itu, sambung dia, layanan e-jounal dan e-book yang dimiliki PU UIN Jakarta dapat dimanfaatkan. “Dengan layanan online ini mahasiswa pada khususnya dapat mengakses informasi yang diperlukan,”tegas dia.

Sampai 2012, PU UIN Jakarta berlangganan 12 e-jounal dan e-book. “Dari 12 itu, terdapat dua jurnal yang pada tahun ini belum diperpanjnag,”tandasnya.

Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan dan infrastruktur PU, pada 2013 UIN Jakarta berencana membangun gedung baru PU yang lebih representatif dan terintegrasi dengan sistem informasi di Pusat Komputer (Puskom) UIN Jakarta.

Para narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Puskom Dr Husni Teja, Kepala Pusat Bahasa M Zuhdi PhD, dan Kepala Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ade Abdul Hak MHum. (d antariksa/ Saifudin)