PSM UIN Jakarta Juara II di The 3nd Vietnam International Choir Competition

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Diorama, BERITA UIN Online–Setelah bersaing ketat dengan sejumlah tim paduan suara dari berbagai perguruan tinggi dunia, Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Jakarta didapuk menjadi juara II pada kategori Gold Diploma Folkfore di perhelatan The 3nd Vietnam International Choir Competition.

Menurut Sektertaris PSM UIN Jakarta, Qaintah al Jundiah, PSM UIN Jakarta menampikan tiga kesenian daerah pada acara yang digelar pada tanggal 19-23 Juni lalu di Kota Hoi An, Vietnam. Yaitu, Tari Pasambahan dari Sumatera Barat, Anoman Obong dari Jawa Tengah, dan Aingin Mammiri dari Sulawesi Selatan.

Peserta seluruh kategori, kata mahaiswa semester VIII Fakultas Psikologi itu,  ada 9 negara dan puluhan perguruan tinggi yang ikut serta pada kompetisi ini.  Selain Vietnam, kegiatan ini juga diikuti perguruan tinggi dari Malaysia, Myanmar, Amerika Serikat, Indonesia, Korea Selatan, Australia, dan Taiwan, serta Philiphina. “Untuk kategoiri Folkfofe, diikuti dari 6 negara. Alahmdulillah kita juara II. Juara I diraih tim dari Amerika dan juara III diraih tim PSM Paramadina dari Indonesia,” ujarnya.

Selain meraih gelar Gold Diploma Folkfore, PSM UIN Jakarta juga ditabalkan sebagai “Special Price Outstanding Performance” oleh tim dewan juri. “Kami waktu itu menampilkan lagu Dandap-dape dari Bali dan Jali-jali dari Betawi,” sambung dia.

Dengan kemenangan tersebut, PSM UIN Jakarta berhak mendapatkan tropy internasional, sertikat, dan sejumlah penghargaan lain.

Atas prestasi tersebut, sivitas akademik UIN Jakarta mengaku bangga dan gembira. “Kami sebagai rektor mengapreiasi dan senang atas pretasi anda sekalian,” aku Rektor Prof. Dr. Komaruddin Hidayat di Ruang Diorama, Jum’at (28/6/2013).

Untuk meningkatkan pretasi tersebut, saran Rektor, mahasiswa  harus menambah ilmu dan wawasannya, serta akhlaknya. “Hanya dengan itulah para mahasiswa dapat meningkatkan peran dan derajatnya, punya pengalaman yang lebih baik,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Sudarnoto Abdul Hakim MA, mengatakan, pihaknya mengaku senang atas pretasi para mahasiswa. Menurutnya, semua kegiatan mahasiswa dapat berjalan dengan baik atas dukungan moral dan material dari pimpinan UIN Jakarta. “ini patut disyukuri,” tandasnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi itu, sambungnya, UIN Jakarta  memberikan beasiswa dan sejumlah penghargaan. “Kalau mahaisiswa lain punya prestasi, baik di tingkat nasional ataupun internasional, juga akan mendaptkan hal sama,” imbuhnya. (D antariksa/Saifudin)