Psikologi UIN Gelar Upgrading Skill

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. Psikologi, Berita UIN Online—Fakultas Psikologi UIN Jakarta menggelar Upgrading Skill berupa pelatihan konseling dan psikoterapi praktis Ruang Teater Prof Dr Zakiyah Daradjat Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Senin-Selasa (26-27/10) dan Senin-Rabu ( 2-4/11). Acara yang dipandu oleh pakar psikoterapi Drs Asep Haerul Gani Psi ini merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi dan daya saing lulusan Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Abdul Rahman Shaleh M.Psi, . “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, serta bersyukur atas terwujudnya gagasan wakil dekan kemahasiswaan yang  didukung pula oleh  para dosen Fakultas Psikologi yang secara langsung turun tangan menjadi panitia acara,” paparnya.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan tanggal 26-27 Oktober lalu, materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu meliputi teori psikologi yang meliputi incident recovery, psikodrama, terapi ego state, terapi fokus emosi, terapi somatic experiences, terapi gambar innerchild, sekaligus praktik menjadi psikiater dan konselor yang baik serta mampu menerapkan ilmu psikoterapi bagi diri sendiri (Self Healing).

Asep Haerul Gani mengungkapkan, bahwa dalam konseling dan psikoterapi modern, klien adalah penentu tujuan terapi, serta diposisikan sebagai ahli dalam masalahnya, psikiater selanjutnya fokus pada sumberdaya klien guna mengarahkannya untuk mencapai tujuan.

“Untuk memecahkan masalah, jangan terus berorientasi pada msalah tersebut, karena hal itu justru akan membuat bingung. Namun, kenali masalah itu, fokus melihat sumberdaya klien dan arahkan kemampuan klien untuk memecahkan masalahnya, bukan malah memelihara masalah tersebut,” demikian papar Asep.

Sebagai informasi, pelatihan ini akan berlanjut pada hari ini, Senin-Rabu (2-4/11) di tempat yang sama dan akan diikuti oleh 40 mahasiswa yang juga mengikuti pelatihan sebelumnya. (RS/LRF)