Gedung Rektorat, Berita UIN Online— Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Gender dan Anak untuk kalangan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Batas pengiriman naskah karya tulis sendiri hingga12 Mei mendatang sebelum diumumkan pemenangnya pada 2 Juli.

Demikian keterangan Kepala PSGA Ir. Rachmi Purnomowati M.Si dalam publikasi PSGA yang diterima

PSGA UIN Jakarta menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tentang Gender dan Anak. Ada empat tema penulisan yang ditawarkan.

PSGA UIN Jakarta menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tentang Gender dan Anak. Ada empat tema penulisan yang ditawarkan.

Berita UIN Online, Selasa (4/4/2017).  “(LKTI) Ini agenda tahunan yang digelar untuk menemu ide kontributif terhadap isu gender dan perlindungan anak,” katanya.

LKTI kali ini, PSGA menyodorkan empat sub tema yang bisa dipilih para kontestan lomba. Keempatnya, Gender dalam Pengembangan Sains, Teknologi dan Lingkungan; Pengarusutamaaan Gender dalam Humaniora dan Pendidikan; Pencegahan, Perlindungan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak dan Remaja; dan, Peran Gender dalam Ketahanan Keluarga.

Untuk menentukan pemenangnya, tim juri yang ditunjuk PSGA akan melihat beberapa aspek yang dimuat dalam tulisan. Diantaranya orisinalitas gagasan, kebaruan tulisan, dampak ilmiah, sumber acuan, dan analisis. Aspek lainnya, penyimpulan, sistematika penulisan, bahasa yang digunakan, dan kualitas tulisan.

Secara teknis, tulisan yang dilombakan ditulis sebanyak 10-15 halaman, ditulis dalam bahasa Indonesia dengan ejaan yang disempurnakan, menggunakan bodynote dan menyantumkan daftar pustaka. Selain itu, tulisan juga harus menggunakan abstrak sebanyak 200 kata dan kata kunci.

Ketentuan lain, peserta hanya boleh mengirim satu naskah tulisan. Naskah harus dikirim dalam format hardcopy dan softcopy ke Kantor PSGA di Lt. 1 Gedung  Rektorat UIN Jakarta Jl Ir H Juanda No 95 Ciputat dan psga@uinjkt.ac.id. Enam naskah terbaik akan dimuat di Jurnal ‘Harkat’ terbitan PSGA. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This