Gedung FIDIK, BERITA UIN Online – Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIK) UIN Jakarta menerima calon mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Calon mahasiswa yang diterima berasal dari lulusan S1 semua jurusan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Sekretaris Program Magister KPI Dr Rulli Nasrullah kepada BERITA UIN Online di gedung FIDIK, Jumat (22/6/2018), masa pendaftaran Program Magister KPI dibuka sejak 12 Maret hingga 31 Juli 2018. Seleksi dilakukan pada 3 Agustus 2018 dalam bentuk tes tulis dan wawancara. Adapun pengumuman kelulusan akan disampaikan pada 16 Agustus 2018 dan pendaftaran ulang bagi yang lulus pada 20-31 Agutsus 2018.

“Bagi yang lulus, mahasiswa wajib mengikuti Orientasi Studi pada 3 September 2018. Sedangkan perkuliahan akan dimulai pada 10 September 2018,” katanya.

Mahasiswa yang diterima di Program Magister KPI adalah lulusan sarjana S1 jurusan KPI atau ilmu dakwah serta lulusan ilmu umum dengan IPK minimal 2,75. Namun, bagi lulusan program studi umum, mahasiswa terlebih dahulu wajib mengikuti program matrikulasi.

Rulli menjelaskan, Magister KPI merupakan program pendidikan tingkat lanjut Strata 2 (S2) di bidang komunikasi dan penyiaran Islam. Program tersebut dibuka sejak tahun 2014 berdasarkan Keputusan Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1456 Tahun 2014 tertanggal 13 Maret 2014.

“Sejak dibuka hingga sekarang, KPI telah meluluskan sebanyak empat angkatan dan telah terakreditasi baik dengan nilai B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT),” ujarnya.

Program ini, lanjut dia, di antaranya bertujuan untuk mencetak para mahasiswa yang mampu mengembangkan keilmuan secara simultan dalam bidang ilmu dakwah dan ilmu komunikasi. Sedangkan fokus kajiannya meliputi bidang keislaman dan media.

Pendidikan Program Magister KPI dapat ditempuh selama dua tahun atau empat semester dengan total 46 satuan kredit semester (SKS), termasuk penulisan tesis. Sarjana lulusan Magister KPI bergelar akademik Magister Sosial atau MSos.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini kami juga akan membuka Program Doktor (S3) KPI. Proposalnya sudah disiapkan dan tinggal diajukan,” tutur Rulli. (ns)