Prof Dr Zakiyah Darajat Tutup Usia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

RS Syahid UIN Jakarta, BERITA UIN Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)  UIN Jakarta kembali berduka. Tepat pukul 09.04, Guru Besar Bidang Psikologi Prof Dr Zakiyah Drajat kembali keharibaan Allah pada usia 84 tahun di RS Syahida UIN Jakarta, Selasa (14/1/2013).

“Semoga almarhumah mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah,” ujar Kabag Sistem Informasi Dra Lily Fakhriyah, Selasa (15/1/2013).

Selain pendidik, almarhumah  juga pernah aktif menjadi pengurus MUI pusat dan konsultan anak. Zakiyah aktif di berbagai organisasi. Beliau juga pernah duduk menjadi anggota DPA dan MPR. “Beliau adalah salah satu dari sedikit orang hebat, akademisi dan praktisi hebat yang mendedikasikan diri untuk anak-anak Indonesia. Memiliki perhatian yang sangat besar dalam pendidikan, psikologi anak, perkembangan kejiwaan Islam,” papar dia.

Zakiyah, lahir di Bukit Tinggi, Sumbar, pada 1929. Sebelumnya, wanita pertama Indonesia peraih doktor dari ‘Ain Syam University Kairo itu sering  mengisi acara mimbar agama Islam yang disiarkan TVRI dan RRI.

Berbagai gagasan tentang psikologi Islam disampaikannya pada acara tersebut. “Bahwa beliau orang yang sangat baik dan mempunyai perhatian besar terhadap pendidikan dan perkembangan jiwa yang Islami, semoga beliau husnul khotimah,” imbuhnya.

Sebelumnya, FITK kehilangan dua dosen terbaiknya, yaitu (almarhumah) Prof Dr Zurinal MA dan (almarhum) Dr Abdul Fatah Wibisono MA. (Saifudin)