Prof Dr M Amin Suma SH MA MM: FSH UIN Jakarta Kiblat Kajian Syariah dan Hukum Dunia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FSH, BERITA UIN Online–Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Prof Dr M Amin Suma SH MA MM bertekad menjadikan FSH UIN Jakarta sebagai standar, rujukan, dan barometer bagi FSH, Fakultas Syariah dan Fakultas Hukum perguruan tinggi dunia.

Untuk keperluan tersebut, anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) ini menyusun buku bertajuk “Menjadikan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta Kiblat Fakultas Syariah dan/atau Hukum se Indonesia, Asia Tenggara, dan Dunia Tahun 2015, 2020, dan 2025.”

Menurutnya, buku tersebut sengaja ditulis di berbagai untuk menunjukkan keunggulan FSH UIN Jakarta, baik di tingkat nasional maupun internasional. “Buku ini menghisab (merekam) jasa banyak orang,” terang Amin pada Workshop “Blue Print Menjadikan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta Kiblat Fakultas Syariah dan/atau Hukum se Indonesia, Asia Tenggara, dan Dunia Tahun 2015, 2020, dan 2025,” di Gedung FSH, Selasa (15/1/2013).

Dalam buku setebal 260-an halaman itu disebutkan beragam kisah sukses FSH UIN Jakarta pada berbagai bidang, misalnya, tentang integrasi Ilmu-ilmu Syariah dan Ilmu Hukum, kiprah alumni FSH pada level nasional-internasional, birokrasi, legislasi, dan sebagainya.

FSH UIN Jakarta, selain menjadi pelopor pendirian Jurusan Prpgram Studi (Prodi) Muamalat (Ekonomi Islam), juga menjadi penggagas pendirian Prodi Perbankan Syariah, Zakat, Ilmu Hukum, dan lain-lainnya.

Cerita dan informasi unik dan menarik juga terekam dengan jelas dalam (draft) buku yang ditulis dalam beragam kesibukan anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu. Contohnya, kisah tentang model dan ssitem pendidikan masa ADIA dan IAIN Jakarta. ” Ada sistem gugur, sistem tingkat, dan SKS. Di sini juga ditulis soal calon hakim,” imbuhnya.

Untuk penyempurnaan dan perbaikan isi dan metodologi buku tersebut, Penasehat Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) Pusat ini meminta masukan dan kritikan dari berbagai pihak, antara lain dari Prof Dr Atho Mudhar, Prof Dr Hasanuddin AF, dan lain-lainnya.

Buku tersebut, terang diam diharapkan pada Maret 2013 sudah dapat dibaca oleh masyarakat umum dan menjadi buku ensiklopedi FSH UIN Jakarta. (Saifudin)