Gedung FITK, BERITA UIN Online – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta akan memberikan keterampilan menulis bagi para mahasiswanya. Salah satunya melalui program Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) berbasis publikasi nasional.

Hal itu dikatakan Sekretaris Prodi PGMI Asep Ediana Latip MPd kepada BERITA UIN Online di Gedung FITK, Rabu (31/1/2018). “Program PKTI di Prodi PGMI ini merupakan pertama kali diadakan. Insya Allah jika berjalan baik ke depan akan lebih diintensifkan,” katanya.

Menurut Asep, program PKTI tak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, melainkan bagi dosen dan prodi itu sendiri. Bagi mahasiswa, manfaat itu di antaranya guna mengembangkan skill akademik dan membangun kepercayaan diri lulusan melalui kegiatan kepenulisan ilmiah, serta mendukug terwujudnya guru kelas yang dapat menulis tentang isu-isu pendidikan dasar MI/SD. Sedangkan manfaat bagi dosen, adalah guna mengejawantahkan pengalaman, pengetahuan dengan memberikan motivasi, inspirasi, dan berkolaborasi dengan mahasiswa dalam proses pembibitan karya tulis ilmiah, termasuk mendukung perolehan beban kinerja dosen.

“Manfaat bagi Prodi PGMI di antaranya mendukung capaian kinerja dan pengembangan akreditasi prodi. Caranya dengan mendorong mahasiswa agar terlibat kegiatan penulisan karya tulis ilmiah dalam publikasi ilmiah bereputasi nasional,” jelasnya.

Kegiatan PKTI, menurut rencana, akan mulai digelar pada 1 Maret 2018 di Ruang Teater FITK. Pesertanya adalah mahasiswa Prodi PGMI semua angkatan atau yang berminat. Namun, demi efektivitas pelatihan, peserta PKTI untuk sementara dibatasi hingga 30 peserta.

Pelatihan ini di antaranya akan diisi oleh pendiri dan pengembang Pendidikan Karakter Education Consulting Indonesia, Doni Koesoema A. Sedangkan materi penulisan diberikan sesuai kemampuan dan pilihan mahasiswa.

“Ada sekitar 13 topik bahasan yang dapat dipilih mahasiswa dalam kegiatan PKTI ini. Semua topik tersebut berorientasi kepada pengembangan mutu peserta didik di MI/SD,” kata Asep.

Ia juga menjelaskan, secara teknis materi penulisan akan diberikan secara intensif. Bahkan mahasiswa juga akan diarahkan kepada kemampuan menulis dalam bentuk karya ilmiah sesuai topik yang dipilih.

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat mengisi biodata dan memilih salah satu topik yang diminati di laman https://pgmiuinjakarta.wordpress.com/#. (ns)

Share This