Gedung FDIK, BERITA UIN Online – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Jakarta kembali memperoleh akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perolehan akreditasi dengan nilai baik itu dikeluarkan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 19/SK/BAN-PT/Akred/5/I/2018 tertanggal 24 Januari 2018.

Seluruh warga sivitas akadamika FDIK, khusunya tim panitia penyiapan dokumen akreditasi Prodi KPI, pun menyambut gembira atas keputusan BAN-PT tersebut. Mereka tak mengira Prodi KPI bakal kembali meraih predikat sangat baik setelah lebih dari satu tahun  mempersiapkan borong dan visitasi tim asesor.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT bahwa Prodi KPI dapat mempertahankan kembali akreditasinya dengan nilai A dari BAN-PT. Ini sungguh prestasi yang luar biasa dan semakin memperkuat kami untuk terus meningkatkan mutu prodi agar tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ujar Sekretaris Prodi KPI, Fita Fathurahmah MSi, kepada BERITA UIN Online, Jumat (26/1/2018), di Gedung FDIK.

Visitasi dan penilaian akreditasi Prodi KPI dilakukan oleh dua asesor BAN-PT pada 26-28 September 2017. Kedua asesor itu adalah Dr Akhmad Rifa’i dari UIN Yogyakarta dan Dr Najahan Musyafak dari UIN Semarang.

Fita juga menegaskan, selama lima tahun ke depan masa berlakunya, yaitu tahun 2023, Prodi KPI akan tetap mempertahankan mutu pembelajarannya. Hal itu untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat, sehingga prodi tersebut semakin banyak diminati.

“Dengan baiknya nilai akreditasi ini, kami ingin menjadikan Prodi KPI sebagai lembaga pendidikan bermutu yang terus menghasilkan lulusan terbaik dan terserap di pasar kerja,” ungkapnya.

Prodi KPI merupakan satu dari lima prodi di FDIK. Prodi tersebut pertama kali dibuka tahun 1991 dengan nama PPA. Namun, enam tahun kemudian, tepatnya tahun 1997, Prodi PPA berubah menjadi Prodi KPI.

Prodi KPI di antaranya bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana Islam yang ahli dalam bidang ilmu komunikasi dan penyiaran melalui media tradisional, konvensional, dan modern. Sarjana lulusan Prodi KPI tersebar di berbagai lapangan kerja, baik sebagai PNS, praktisi penyiaran maupun akademisi. (ns)