Prodi Kimia FST Gelar Workshop Penelitian Kimia Berbasis Komputasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Hamzah Farihin

Gedung FST, BERITA UIN Online - Dalam rangka memperingati  International Year of Chemistry 2011, Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan workshop penelitian kimia yang berbasis komputasi. Kegiatan bertema “Pembelajaran dan Penelitian Kimia Berbasis Komputasi” ini berlangsung selama dua hari di Ruang Sidang Gedung FST (4/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah dosen Prodi Kimia, mahasiswa, serta para laboran dari FST dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Menurut Ketua Panitia  Adi Riyadhi MSi, workshop pertama diisi dengan teori-teori serta cara penggunaan software yang berbasis penelitian kimia komputasi. Sementara hari kedua diisi dengan cara-cara memecahkan masalah dari sebuah teori ke studi kasus, yang hasilnya akan dipresentasikan dalam workshop.

“Guna melakukan pekerjaan tersebut, panitia membagi ke dalam enam kelompok, yang terdiri atas unsur dosen dan mahasiswa. Masing-masing kelompok diberikan sebuah studi kasus untuk dipelajari dan dipresentasikan di hadapan peserta workshop,” katanya.

Ke depan, lanjut Adi, hasil dari workshop diharapkan dapat memberi pembelajaran dan pengalaman, khususnya bagi dosen kimia serta mahasiswa FST, sehingga dalam waktu yang singkat mereka dapat melakukan penelitian kimia yang berbasiskan komputasi.

“Mudah-mudahan setelah workshop ini FST memiliki laboratorium kimia berbasis komputasi untuk mempermudah dosen maupun mahasiswa melakukan penelitian kimia,” ujar Adi.