Prodi HI dan Ilmu Politik FISIP Terakreditasi A

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FISIP, BERITA UIN Online – Setelah melalui proses penilaian ketat, tiga program studi (prodi) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) akhirnya memperoleh akreditasi memuaskan. Prodi Hubungan Internasional (HI) dan Prodi Ilmu Politik memperoleh akreditasi A dengan nilai masing-masing 365 dan 363. Sedangkan Program Studi Sosiologi memperoleh akreditasi B dengan nilai 355.

Demikian dikemukakan Dekan FISIP Prof Dr Bachtiar Effendy kepada BERITA UIN Online di Gedung FISIP, Senin (16/1). “Kami bersyukur bahwa pada akhirnya ketiga prodi FISIP yang diperpanjang masa akreditasinya memperoleh nilai memuaskan,” ujarnya.

Menurut Bakhtiar, dua prodi yang memperoleh akreditasi A dikeluarkan sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011 tertanggal 29 Desember 2011. Adapun untuk Prodi Sosiologi dikeluarkan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 041/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011 tertanggal 8 Desember 2011. Ketiga prodi yang sudah diakreditasi tersebut berlaku hingga Desember 2016.

“Penilaian akhir Tim Asesor BAN-PT itu dikeluarkan setelah melakukan visitasi selama sekitar dua bulan, Oktober-November 2011,” tambah Bachtiar. Tim Asesor berasal dari beberapa perguruan tinggi ternama, seperti UGM, Unair, Unhas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Unpas.

Bachtiar menyatakan, seluruh prodi di FISIP yang memperoleh nilai memuaskan akan terus dipertahankan. Bahkan Prodi Sosiologi yang tahun ini memperoleh akreditasi B akan ditingkatkan sehingga memenuhi kepuasaan stakeholder. “Memang tidak mudah untuk mempertahankan hasil akreditasi yang memperoleh nilai baik. Tetapi kami optimis ke depan lebih baik lagi,” katanya. (ns)