Peserta mengikuti upacara pembukaan di lapangan Gedung Student Center pada acara Giat Prestasi Pramuka UIN Jakarta yang digelar pada tahun lalu.

Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28, Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Fatahillah-NYi Mas Gandasari 07.081-07.082 UIN Jakarta mengundang gudep-gudep yang berpangkalan di sekolah di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat untuk mengikuti lomba Giat Prestasi Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak.  Selain untuk meningkatkan prestasi sekolah, acara Giat Prestasi bertema “Pramuka Inspiratif, Kreatif, dan Berprestasi” itu juga menjadi ajang promosi UIN Jakarta ke sekolah, khususnya tingkat SMA/SMK/MA.

Ketua Dewan Racana Pandega Gudep UIN Jakarta Wahyu Fahmi Rizali kepada BERITA UIN Online di Gedung Student Center, Rabu (30/8/2017), mengatakan, acara Giat Prestasi akan digelar pada 14-15 Oktober 2017 di kampus UIN Jakarta. Tingkat Penegak digelar pada 14 Oktober 2017, sedangkan tingkat Penggalang digelar pada 15 Oktober 2017. Adapun technical meeting (TM) digelar pada 16 September 2017. Pendaftaran peserta lomba dimulai pada 2 September-7 Oktober 2017 di Sekretariat Pramuka di Gedung Center UIN Jakarta lantai 2.

Giat Prestasi merupakan ajang kegiatan uji coba bidang ketangkasan dan keterampilan bagi para Pramuka. Selain untuk menguji prestasi, kegiatan ini juga menjadi wahana pengembangan minat dan bakat di bidang kepramukaan. “Kegiatan ini dalam pelaksanaanya melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik,” kata Wahyu.

Untuk tingkat Pramuka Penggalang, materi kegiatan di antaranya berupa Smaphore, Sandi dan Morse, PU dan PK, Pionering, menyusun puzzle, membuat maket gedung, melukis, dan cara membuat ring kacu. Untuk tingkat Penegak, materi yang dilombakan di antaranya berupa Semaphore, Sandi dan Morse, ketangkasan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Pionering, Teknologi Tepat Guna, Hasta Karya, Video Blog (Vlog), dan Cipta Logo.

Menurut Wahyu, pada setiap mata lomba tersebut terdapat kejuaran, baik juara utama maupun harapan, berupa piala dan sertifikat. Bahkan terdapat juga kejuaran untuk tingkat regu dan sangga terbaik serta juara umum bagi yang berhasil mengumpulkan banyak prestasi.

“Kami berharap semoga kegiatan (Giat Prestasi) ini berjalan lancar dan menjadi ajang silaturahmi antarpramuka,” katanya. (ns)

Share This