Cikuya, BERITA UIN Online – Sebanyak 60 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang mengikuti perkuliahan kepramukaan mengadakan praktik lapangan. Kegiatan praktik tersebut digelar dalam bentuk Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di Cikuya, Solear, Tangerang, Banten, pada 23-24 Desember 2017.

Pengampu mata kuliah Nanang Syaikhu mengatakan, kegiatan praktik lapangan bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran berkemah dan pengelolaan kegiatan di alam terbuka. Materi yang diberikan antara lain berupa tata upacara api unggun, pioneering, survival life, wide game, mendirikan tenda, dan out bond.

Selain  itu, tambahnya, kegiatan lapangan juga guna mempraktikkan beberapa teori yang diperoleh di bangku kuliah. Sistem pembelajaran di lapangan bersifat rekreatif-edukatif. Para peserta tak hanya diajak berlatih diri mengenal lingkungan, tetapi juga memupuk kemandirian, leadership, kedisiplinan, dan kesahajaan hidup.

“Kami ingin dalam pembelajaran kepramukaan di lapangan ini mahasiswa mengerti dan memahami pola-pola pendidikan yang memadukan unsur kognitif, afektif, dan psikomotorik. Bahkan kami berharap setelah mengikuti pendidikan di lapangan mahasiswa akan mampu menjadi pembina yang baik di sekolah nanti,” ujar Nanang.

Selama mengikuti perkemahan, para peserta tampak bersemangat berlatih. Mereka belajar memimpin kelompok dan bermain ketangkasan melalui beragam kegiatan yang menarik dan menyenangkan.

Dalam perkemahan tersebut, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah antara 8-9 orang. Kelompok-kelompok itu dipisah berdasarkan jenis kelaminnya, yakni antara putra dan putri. Sistem kelompok dan sistem satuan terpisah antara putra dan putri merupakan salah satu metode pendidikan dalam kepramukaan.

“Pendidikan kepramukaan adalah  pendidikan non formal. Ciri seperti itulah yang diajarkan dan sekaligus untuk membedakannya dengan pendidikan formal,” jelasnya. (ns)

Share This