PPIM gelar Workshop Publikasi Internasional

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Aula PPIM, Berita UIN Online–Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) dan Jurnal Studia Islamika  selenggarakan Workshop on Academic International Publication. Workshop ini diperuntukan bagi  akademisi yang memiliki minat menulis tentang kajian keislaman di Indonesia dan Asia Tenggara, Senin (31/08/15).

Salah satu panitia workshop Endi Aulia, saat ditemui tim Berita UIN di tempat acara mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan tentang penulisan dan publikasi akademik bertarap Internasional.

Hadir sebagai narasumber dalam acara workshop ini, Sara Crowley-Vigneau, editor senior dari penerbit Palgrave Macmillan, Inggris beserta tim. Sara Crowley-Vigneau mengatakan bahwa ia sangat tertarik sekali menerima proposal buku dan karya-karya orisinil yang baik di berbagai bidang dalam ilmu-ilmu sosial, humaniora, kebijakan publik, Sosiologi, antropologi, sejarah, dan ekonomi.

“Kami sangat tertarik dan ingin menerbitkan karya-karya baru seperti Islamic Finance, atau History of Science di Asia Tenggara”, ujar Sara.

Dalam workshop tersebut,  tim editor dari Palgrave Macmillan membagikan trik and tips bagaimana menulis dan menerbitkan karya-karya di penerbit berkelas dunia. Mulai dari mengirimkan naskah hingga penerbitan naskah.

Salah satu tim Sara Crowley Farideh, mengingatkan pentingnya menulis secara baik dan menghindari plagiarisme. “Menulislah dengan bahasa sendiri, dan percayalah dengan karya sendiri. Itu jauh lebih baik daripada harus menggunakan bahan orang lain, apalagi jika karya-karya itu susah didapatkan izinnya,  ‘permission is not easy to get’,” ujarnya.

Senada yang dikatakan Farideh, Jacob Dreyer menambahkan apabila ada yang berminat menerbitkan karya-karya terbaik di salah satu penerbit bergengsi di dunia, dengan distribusi di lebih 50 negara, jangan sungkan untuk menghubungi kami serta kunjungi website kami di www.palgrave.com, tandas Jacob. (TAM/LRF)