PPB UIN Jakarta Buka Peluang Menjadi Instruktur Bahasa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. PPB, BERITA UIN OnlinePusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta membuka peluang bagi para instruktur bahasa Arab, Inggris, dan bahasa Indonesia. Demikian isi pengumuman PPB UIN Jakarta Nomor: Un.01/PPB/HM.00.6/038/2016, yang diterima kantor BERITA UIN Online, Kamis (18/20).

“Bagi para calon yang ingin menjadi instruktur, memenuhi persyaratan umum, diantaranya beragama Islam, usia dibawah 50 tahun, dan berpengalaman mengelola pembelajaran bahasa,” demikian disampaikan Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta Siti Nurul Azkiyah P.hD saat dikonfirmasi tim BERITA UIN Online.

Sedangkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon instruktur Bahasa Arab adalah jurusan pendidikan Bahasa Arab, Sastra Arab, atau Dirosat Islamiyah. Bersedia melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister bagi pelamar lulusan strata satu (S1), bersedia mengikuti ujian tulis dan TOAFEL di PBB dengan perolehan skor 525.

Sedangkan untuk Instruktur Bahasa Inggris yang memiliki kualifikasi strata satu (S1), bersedia melanjutkan pendidikan Magister pendidikan bahasa Inggris dan pendidikan Bahasa, bersedia mengikuti ujian EPT di PBB dan memperoleh skor minimum 550.

Bagi calon Instruktur Bahasa Indonesia untuk penutur asing, disyaratkan memiliki kualifikasi akademik Pendidikan Bahasa Indonesia atau Sastra Indonesia atau Pendidikan Bahasa dan Sastra, melampirkan pengalaman mengajar BIPA di lembaga formal selama 2 tahun terakhir, dan melampirkan sertifikat hasil tes UKBI dengan skor minimun 750.

Bagi yang berminat menjadi instruktur, dapat mengirimkan berkas lamaran dilengkapi CV, Foto kopi ijazah S1/S2/S3 dan transkrip nilai. Selain itu, dilampirkan pula sertifikat pelatihan tentang pembelajaran bahasa, Foto kopi KTP, Foto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar), menyediakan berupa perangkat pembelajaran bahasa yang pernah disusun, misalnya silabus, RPP, media pembelajaran, dan surat pernyataan kesediaan menempuh hal-hal sebagaimana tercantum pada persyaratan.

Bagi pelamar yang sudah melengkapi persyaratan di atas, dapat mengirimkannya melalui email pusatbahasa@uinjkt.ac.id, atau melalui pos ke alamat Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta (Kampus II), Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan barat, Ciputat 15419 paling lambat tanggal 20 Maret 2016 atau hubungi Iis dan Taufan di nomor 021-7493727. (SF/LRF)