Syahida Inn, BERITA UIN Online— Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta menandatangani nota kesepahaman dan nota perjanjian dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Syahida Inn, Selasa (22/8/2017). Penandatanganan kedua nota diharapkan memperkuat peran masing-masing lembaga dalam mengembangkan pengajaran dan pengukuran kemampuan bahasa Indonesia bagi penutur asing.

Penandatanganan kedua nota sendiri dilakukan dalam pembukaan The International Conference on Language Teaching and Assessment yang diselenggarakan PPB UIN Jakarta. Nota kesepahaman ditandangani langsung Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA dan Kepala Badan Prof Dr Dadang Sunendar M.Hum, sedang nota perjanjian dilakukan Kepala PPB Siti Nurul Azkiya Ph.D dan Sekretaris Badan Prof Dr Ilza Mayuni MA. Turut menghadiri penandatanganan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Hj Fadhilah Suralaga M.Si.

Dalam salinan kerjasama yang didapat BERITA UIN Online, nota kesepahaman maupun perjanjian kerjasama ditekankan pada pengembangan pengajaran bahasa Indonesia bagi kalangan penutur asing. Selain itu, kerjasama juga diharapkan bisa mensinergikan assessment atau pengukuran kemampuan berbahasa Indonesia bagi para penutur tersebut.

Dalam sambutannya, rektor mengungkapkan, UIN Jakarta menyambut baik adanya kesepahaman dan perjanjian kerjasama yang menjembatani sinergi antara PPB UIN Jakarta dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Ini menjadi sinergi yang baik antara PPB maupun Badan Bahasa sendiri dalam mengembangkan pengajaran bahasa yang lebih baik,” katanya.

Sementara Azkiya menambahkan, kedua kesepakatan dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa makin memotivasi PPB UIN Jakarta dalam memberikan pengajaran dan pengukuran kemampuan bahasa Indonesia di kalangan penutur asing. “Ini jadi awal yang baik. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, PPB UIN Jakarta bisa menjadi institusi terbaik di bidangnya,” harapnya.

Disebutkan Azkiya, PPB sendiri sudah sejak beberapa tahun terakhir menjadi salah satu penyelenggara pengajaran bahasa Indonesia bagi kalangan penutur asing. Selain itu, PPB juga telah mengembangkan model pengukuran kemampuan bahasa Indonesia terutama bagi kalangan mahasiswa asing yang ingin melanjutkan kuliah di UIN Jakarta. (farah nh/yuni nurkamaliah/zm)

Share This