PMDK FDI Ditutup

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

FDI, BERITA UIN Online– Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta menutup tes melalui jalur Penelusuran Minat Dan Bakat (PMDK) Khusus tahun akademik 2013/2014. Penutupan itu berkaitan dengan kuota kursi yang telah terpenuhi.

“Kita butuh 40 mahasiswa dari jalur ini. Alhamdulillah itu sudah terpenuhi,” ujar Pembantu Dekan Bidang Akademik Dr Usman Syihab di ruang kerjanya, Kantor FDI Lt 1, Senin (18/3/2013).

Menurutnya, minat masyarakat melanjutkan ke FDI cukup tinggi. Buktinya, sebanyak 300 orang mendaftarkan. “Itu juga ada yang mengundurkan diri, karena hanya mendapatkan beasiswa SPP,” katanya.

Untuk menjaring calon mahasiswa yang unggul, sambung dia, pihaknya mengundang puluhan pesantren dan Madrasah Aliyah (MA) se-Jawa. Selain itu, sejumlah pesantren dan madrasah di Provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan  juga turut diundang untuk mendapatkan beasiswa PMDK.

Materi tes PMDK FDI meliputi kecakapan muhadatsah (berbicara), qira’ah (membaca), dan al-fahm (memahami) teks-teks Arab, serta hafalan Al-Qur’an. “Dari ratusan peserta yang ikut, ada di antara mereka yang hafal 15 dan 27 juz,” imbuhnya.

Sejumlah pesantren dan madrasah yang ikut tes PMDK FDI antara lain, Pesantren Darussalam Gontor, Pesantren Diniyah Putri Sumatera Barat, Pesantren Al-Awwabin Depok, Pesantren Al-Fakhriyah Makassar, MAN 3 Makassar, Pesantren Darul Muttaqin Bogor, Pesantren Darul Qalam Gintung, dan lain-lainnya.

Selain FDI, Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Adab dan Humaniora juga menyediakan menyelenggarakan PMDK Khusus. PMDK Khusus adalah program beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta. Mereka yang lulus pada jalur ini berhak mendapatkan beasiswa SPP selama 4 tahun kuliah. (Dewi Antariksa/Saifudin)