Peserta SBMPTN 2013 Capai 44.165 Orang

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung  Pusat Administrasi Universitas, BERITA UIN Online- Peserta Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 Panitia Lokal Jakarta mencapai 44.165 orang. Dari jumlah tersebut, 17.713 orang memilih program studi (prodi) IPA/Saintek, 22.755 orang memilih prodi IPS/Soshum, dan sebanyak 3.697 orang memilih prodi IPC (IPA-IPS).

Demikian hal itu disampaikan Ketua Panitia Lokal Jakarta (UI, UIN Jakarta, dan UNJ) Emil Budianto pada rapat koordinasi di Gedung  Pusat Administrasi Universitas (PAU) Universitas Indonesia, Selasa, (11/6/2013).

Menurutnya, terdapat penurunan jumlah peserta pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Pada tahun 2012 peminat SBMPTN (dulu SNMPTN Jalur Tulis) mencapai 48.837. Jadi ada penurunan peserta Ujian Tulis,” katanya.

Penurunan peminat SBMPTN 2013 diduga karena kuota jalur SNMPTN Penulusuran Potensi Akademik (PPA) ditambah, sehingga banyak siswa yang sudah diterima pada jalur SNMPTN PPA.

Emil menambahkan, pada SBMPTN kali ini ditemukan sebanyak 362 pendaftar tidak mengikuti SBMPTN. “Kemungkinan mereka sudah diterima di SNMPTN,” sambungnya.

Pelaksanaan SBMPTN 2013, penyelenggaraannya digelar di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk panitia. Karena itu, sebelum SBMPTN digelar  para peserta diharapkan melihat lokasi sekolah tempat ujian masing-masing.

Terkait dengan hal itu, Emil mengingatkan, bahwa peserta SBMPTN yang terlambat lebih 30 menit, masih diijinkan mengikuti ujian. “Tapi yang bersangkutan tidak diberi waktu tambahan,” imbuhnya.

Selain itu, peserta wajib hadir di lokasi ujian sebelum ujian dimulai. ”Sehingga peserta punya waktu untuk istirahat dan belajar,” tandasnya.

Seperti diketahui, SBMPTN 2013 akan digelar secara nasional pada Selasa-Rabu, 18-19 Juni 2013. ( D Antariksa/ Saifudin)