Persiapkan Milad UIN Jakarta ke-60, KPA Arkadia Daki Gunung Damavand Iran

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Arkadia UIN Jakarta

Salah satu anggota KPA Arkadia UIN Jakarta saat akan melakukan latihan panjat tebing di lapangan parkir Student Center UIN Jakarta

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Untuk menunjukkan daya saing antara Komunitas Pencinta Alam (KPA) di universitas-universitas ternama di Indonesia, KPA Arkadia (Arti Keagungan dan Keindahan Alam) UIN Jakarta akan melakukan pendakian gunung Damavand di Iran.

Demikian disampaikan Ketua Umum Arkadia Hasan Hadi Septian sesaat sebelum bertemu Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA di Gedung Rektorat, Kamis (11/8/16).

“Kita ingin tunjukkan kepada universitas-universitas ternama yang telah lebih dulu menginjakkan kakinya di gunung es bahwa KPA Arkadia UIN Jakarta juga mampu go international untuk kegiatan ekpedisi raya,” ujar Hasan yang akrab dipanggil Sibon ini.

Untuk pembiayaan, lanjutnya, kita berharap UIN Jakarta bisa banyak membantu, karena acara ini dipersembahkan untuk peringatan Milad UIN Jakarta ke-60 di tahun yang akan datang. Selain itu, KPA Arkadia juga sudah menyebar proposal ke perusahaan-perusahaan swasta, BUMN, kementerian dan instansi-instansi terkait.

Dijelaskannya, Gunung Damavand Iran dipilihkarena dekatnya hubungan antara Indonesia dan Iran di bidang kebudayaan. Tercatat kedua negara ini sering bergantian mengadakan festival budaya di negara masing-maisng.

“Hal ini sangat membantu kegiatan kami untuk juga mengadakan pameran budaya di Iran. Selain itu, Damavand masih asing di kalangan pendaki,” terang Hasan sambil melanjutkan, “Mereka lebih tertarik menaklukkan Seven Summits (gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia -red.). Damavand sebagai gunung anti mainstream tentunya akan menimbulkan banyak pertanyaan dan rasa penasaran para pendaki Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta saat ditemui menyambut positif rencana kegiatan ini dan siap memberikan dokumen yang dibutuhkan berupa Statuta UIN, rekening dan surat pernyataan dukungan kegiatan ditujukan untuk Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, apalagi ditujukan untuk Milad UIN ke-60. Untuk dana, kita akan koordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek III). Segera hubungi Bagian Layanan Rektorat terkait dokumen yang diperlukan,” ujar Dede.

Ekspedisi yang diketuai Adnan Sulistio mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini akan membawa enam personil, lima laki-laki dan satu perempuan.

“Saat ini masih dalam tahap seleksi personil, setelah itu baru tanggal keberangkatannya kita umumkan,” pungkas Hasan.

Sebagai informasi, KPA Arkadia adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kepencintaalaman. Didirikan pada 2 Oktober 1989 di Kampus IAIN Jakarta yang dipelopori 13 aktivis kampus yang menggemari kegiatan alam bebas dan juga peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup. (mf)